Thursday, December 2, 2010

TIK

1. Sebutkan dan jelaskan 6 peralatan (hardware) yang dibutuhkan dalam merangkai jaringan (Local Area Network).
2. Sebutkan dan gambarkan 3 macam topologi jaringan.
3. Jelaskan mengenai peralatan modem.
4. Di setting monitor terdapat pilihan: theme, desktop, screen server, appearance, dan setting, jelaskan fungsi masing-masing
5. Sebutkan 3 macam jaringan komunikasi dan jelaskan!
6.Sebutkan dan jelaskan 3 jenis printer?


JAWABAN
1. modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem".
Kabel Twisted pair (pasangan berpilin) adalah sebuah bentuk kabel di mana dua konduktor digabungkan dengan tujuan untuk mengurangi atau meniadakan interferensi elektromagnetik dari luar seperti radiasi elektromagnetik dari kabel unshielded twisted pair (UTP) cables, dan crosstalk di antara pasangan kabel yang berdekatan.
Kabel RJ-45 adalah kabel Ethernet yang biasa digunakan dalamopologi jaringan komputer LAN maupun jaringan komputer tipe lainnya.
Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.
Kabel Koaksial adalah media penyalur atau transmitor yang bertugas menyalurkan setiap informasi yang telah diubah menjadi sinyal – sinyal listrik.
LAN Card itu, soket untuk memasang kabel LAN yang fungsinya untuk menyambungkahn PC ke perangkat lain utamanya PC juga. Baik langsung (peer to peer) atau melalui switch hub. Gunannya untuk memindah data antar PC atau koneksi internet.Untuk PC yang menggunakan diskless, LAN Card digunakan juga untuk sarana booting PC dimana sistemnya mengambil dari server. Hanya saja untuk ini, harus ada boot rom nya.
2. Topologi Busss
     Topologi Star
   Topologi Ring


3.MODEM: berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem".
4. a. Theme adalah gambar latar belakang yang meliputi icon, sound, tampilan, screen saver, atau elemen lainnya
b. Desktop adalah gambar latar belakang pada area kerja
c. Appearance adalah tampilan warna untuk mengubah warna desktop
d. Setting adalah pengaturan resolusi tampilan layar monitor yang disesuaikan dengan program aplikasi yang digunakan
e.Screen saver adalah animasi yang dapat berupa gambar atau teks yangditampilkan apabila komputer tidak mendapat respon dari pengguna
5.
--Local Area Network (LAN)
LAN merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
-- Metropolitan Area Network (MAN)
MAN pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
-- Wide Area Network (WAN)
WAN jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

6.• Printer Dot Matrix : mencetak dengan cara mengetuk-ketukkan jarum , sehingga tembus pada pita tinta ( seperti mesin ketik manual )
Jenis ini memiliki ciri yaitu bersuara ribut , akan tetapi dapat mencetak pada tembusan menggunakan kertas karbon.
• Printer DeskJet : mencetak dengan cara menyemprotkan/mengoleskan tinta.
Memiliki ciri yaitu memiliki toner/botol tinta cair, jenis ini dapat emnghasilkan warna yang sangat bagus , hingga sama dengan kualitas foto.

• Printer Laser : mencetak dengan menghamburkan dan memanaskan serbuk tinta , sehingga printer jenis ini memiliki cirikhas yaitu , akan mengeluarkan panas , seperti halnya mesin fotocopy.

No comments:

Post a Comment