Monday, July 18, 2011

Sinopsis The Great Queen Seon Deok Episode 55

kadorama-recaps
Kim Yong Chun tidak mengerti bagaimana Yu shin bisa bekerja sama dengan Baekje. Bo Jong berkata kementrian Audit melakukan penyelidikan di perbatasan dan memergoki Kim Yu shin di sana, di sebelah barat Bi Sa. Jujin heran bukankah Yu shin dikirim ke Wu San Guk.Jika Yu Shin ke Baekje berarti ia melawan perintah Ratu?!

Kim Seo hyun membela anaknya, tidak mungkin Yu Shin mata2 Baekje. Ini pasti salah paham. Sueulbu berkata Yu Shin adalah Sangjanggun yang diasingkan kemudian melanggar wilayah Baekje, ini benar2 mencurigakan. Ratu akhirnya memotong mereka semua dan berkata Ia yang menurunkan perintah agar Yu Shin memeriksa perbatasan Baekje. Semua kaget. Yu Shin hanya melakukan perintah Ratu. Ratu selalu selangkah di depan mereka, inilah mengapa ia terkenal bijaksana dan hati2.

kadorama-recaps
Bi Dam heran : Daeya? Yu Shin berkata Baekje akan menyerang Daeya. Bi Dam berkata Daeya selalu menghadapi penyerangan di masa lalu tapi tidak pernah jatuh ke tangan musuh. Bi Dam tanya jadi Yu Shin mengadakan penyelidikan di perbatsan Baekje. Bi Dam berkata apa ia dapat percaya cerita Kim Yu shin. (ayolah..baikan dulu, mau perang nih..) Yu Shin berkata ada mata2 Baekje di Daeya. Ia yg akan membuka pintu. Bi Dam mengulang : mata2 ? Kim Yu Shin berkata mata2 ini adalah salah satu prajurit dan namanya "Heuk" orang itu adalah..Bi Dam menyambung mata2 Baekje. Kim Yu Shin membenarkan. Yu Shin berkata pada Bi Dam tidak ada waktu mengurus masalah kecil, mereka harus cepat menemukan mata2 itu sebelum terlambat dan meningkatkan militer.

Bi Dam : Lebih baik kau pikirkan keselamatanmu sendiri daripada Daeya, nyawamu dan keselamatanmu. Bi Dam berkata Yu Shin sudah kabur dari pengasingannya dan pergi ke perbatasan Baekje, bukankah ini kejahatan.

Yeom Jong datang dan memanggil Bi Dam. Bi Dam tanya ada apa, Yeom Jong membisikkan sesuatu dan Bi Dam shock : Perintah Ratu ??!! Mi Saeng dan Bo jong membenarkan. Ha Jong berkata bagaimana Ratu bisa mengirim orang yang diasingkan untuk misi rahasia. Mengapa mengasingkan Yu Shin. Seol Won berkata Ratu sudah mengaku memerintahkan misi rahasia di depan sidang sehingga mereka tidak bisa menuduh Kim Yu shin sebagai mata2. Mi Saeng tanya bagaimana keadaan bisa berubah drastis. Ha Jong berkata apa Ratu melakukan ini untuk melindungi Kim Yu shin. Bo Jong berkata ia melihat Yu shin bersama Wyol Ya dan Seo Ji. Mi Saeng heran kalau begitu mengapa Bo Jong tidak berkata apa2. Seol Won setuju, Kim Yu shin ke Baekje untuk melaksanakan perintah Ratu, tapi tidak termasuk Wyol Ya dan Seo Ji.

Bo Jong berkata, Bi Dam melarangnya lapor pada Ratu. Ha Jong tanya mengapa Bo Jong tidak tahu apa alasan Bi Dam. Mi Saeng berkata jika masalah ini menjadi kacau, Ratu membahayakan dirinya sendiri. Mi saeng tanya mengapa.

Kim Seo hyun memberi briefing mengenai geografi Daeya pada Ratu. Mereka membangun kemah mengelilingi benteng dan Benteng Gahye (skr Jecheon) dan Ji Bum Cheom (skr Sancheong-gun Gyeongsangnamdo ) akan mengerahkan pasukan ke Benteng Mitasan di Cheon Ju.

Kim Seo Hyun berkata pengerahan pasukan akan dilaksanakan secepat mungkin untuk siap perang. Menurut Yu shin penyerangan akan dilaksanakan dalam 3 hari. Mereka harus segera bersiap. Mereka harus menemukan mata2 bernama "heuk" Kim Chun Chu berkata ia sudah minta Im Jong memeriksa dan akan datang dengan laporan. Ratu tanya dimana Bi Dam. Kim Yong Chun berkata Bi Dam sedang membicarakan masalah logistik dan rencana musuh bersama Kim Yu Shin.

Kim Yu shin menulis detil rencana dan Bi Dam membacanya, Yoon Chung berbicara mengenai cepat dan keras dan mengamati persediaan mereka dan mereka hanya punya persediaan untuk 3 hari. Bi Dam berkata maka mereka akan menyerang Daeya dalam 3 hari dan tanya apa ini benar dan Yu shin membenarkan dan orang dengan nama "Heuk" akan membuka gerbang untuk mereka. Bi Dam berkata sekali lagi Kim Yu shin sudah berjasa bagi negara. Jika Kim Yu Shin tidak melakukan penyelidikan ini maka mereka tidak akan mendapat laporan intelijen sepenting ini. Jika ini benar kata Bi Dam, maka ia akan melepaskan Yu shin karena ia sekali lagi menyelamatkan negri ini. Bi Dam akan bekerja secepat mungkin berdasar informasi Yu shin agar bisa segera membebaskanmu tapi saat ini Yu Shin akan merasa tidak nyaman tapi ia harap Yu Shin dapat bertahan.

Bi DAm keluar dan di koridor Bi Dam melihat Kim Chun Chu memberikan perintah kerajaan pada Im Jong dan memintanya untuk menyelidiki orang dengan nama Heuk dan minta Im Jong bertemu dengan komandan Daeya dengan rahasia agar tidak ada yang curiga, Im Jong mengerti dan menerima perintah.

Kim Chun Chu menoleh dan melihat Bi Dam di koridor. Kim Seo hyun menyiapkan pasukannya. Hwarang bersiap. Ratu berkata Baekje memiliki 20 ribu prajurit dibawah Yoon Chung. Dan mata2 di Daeya. Ratu berkata mereka harus mendapatkan mata2 ini. Ratu memerintahkan pasukan untuk menghancurkan ancaman Baekje dan melindungi benteng Daeya. Semua pasukan menerima perintah.

Bi Dam menemui Ratu, Bi Dam tidak mengerti mengapa Ratu mengirim Yu shin yang diasingkan untuk tugas rahasia. Ratu mengaku ini benar2 tugas penting, ini penting untuk negara itulah mengapa ia mempercayakan ini pada Yu SHin. Ratu percaya Yu Shin bisa melakukan ini. Bi Dam berkata Yu shin dituduh dengan kejahatan. Ratu berkata menggunakan kriminal yang mampu dan mengijinkan kriminal bebas dari tuduhan karena berjasa pada negara bukankah itu prinsip kebenaran dan keadilan ? (Tirza kaya film2 FBI aja, kaya Fast and Furius, Swordfish etc )

Bi Dam tanya mengapa Ratu bisa sangat mempercayai Yu Shin. Ratu tanya mengapa Bi Dam susah sekali percaya pada kemampuan? Bi Dam berkata jika Ratu ingin ia percaya pada orang maka Ratu tidak perlu mendirikan dept Audit. Ratu berkata : Bukan Kim Yu Shin yang kumaksudkan, tapi aku yang harus kau percayai. Ratu tanya apa Bi Dam sama sekali tidak percaya padanya dan tanya apa Bi Dam berpikir karena alasan pribadi. Bahwa Ratu sudah salah menilai Yu shin.

Bi Dam berkata dalam hati, orang yang kaupercayai bertemu dengan Wyol Ya dan Seo Ji, Ratu tanya apa itu yang dipikir Bi Dam? Bi Dam berkata mengenai pertanyaan terakhir, ia akan menjawabnya nanti. Bi Dam pergi tapi ia melihat lagi ke arah Ratu.

Ha jong heran mengapa Bi Dam menyembunyikan ini dari Ratu. Seol WOn setuju seharusnya Bi Dam mengatakannya pada Ratu. Seol Won tanya pada Bo Jong apa benar Wyol Ya yang dia lihat. Bo Jong menegaskan benar memang Wyol Ya dan Seo Ji. Bi Dam berkata ia hanya menunggu waktu yang tepat. ha Jong : waktu yang tepat? Bi Dam ingin menunggu apa penyelidikan Kim Yu shin membawa hasil yang baik untuk negri ini. Jika ia berkata sekarang maka prestasi Yu shin akan dibatalkan dan dia dituduh lagi. Maka Bi Dam akan menunggu saat yang tepat.

Bo Gya Hoe berlatih memanah dengan formasi, mereka menggunakan target. Seo Ji memeriksa papan target dan melihat bahwa hasilnya beda saat menggunakan Gwoljangno (Gwoljangno atau Cho Ku Nu, bisa menembakkan anak panah dalam jumlah banyak dan akurat, ini yg dipakai melawan Bi Dam ep 62, saat kurang 30 langkah lagi...)

Seo Ji berkata mereka bisa mengalahkan Gaya tapi kita akhirnya dapat selangkah lebih maju dalam persenjataan. Wyol Ya terganggu dengan perkataan Yu shin dalam gua. Seo Ji masuk dan melapor bahwa senjata Gwoljangno mereka sangat hebat dan melihat Wyol Ya diam saja. Seo Ji berkata mereka sebaiknya melupakan saja Kim Yu shin. Mereka tidak punya agenda yang sama. Seo Ji minta Wyol Ya ke lapangan untuk memberikan dukungan moral pada pasukan. Wyol Ya tanya apa mereka melakukan yang benar? Seo Ji menegaskan Gaya sudah menderita selama 80 tahun, mereka tidak boleh percaya pada Silla.

Wyol Ya berkata sejujurnya bagi keturunan Gaya mereka tidak perlu penderitaan lagi, tidak peduli mereka menjadi bawahan Silla atau Gaya, tidak berbeda bagi mereka. Seo Ji minta Wyol Ya tidak kehilangan harapan dan menjadi lemah.

Kim Yu Shin berkata pada Al Cheon, Wyol Ya dan Seo Ji bersamanya saat di Baekje. Mereka membantunya lolos dari kamp tentara Baekje. Al Cheon berkata sepertinya mereka mengawasi Yu Shin. Al Cheon sadar bukankah itu berarti Bo Jong juga sudah tahu. Jika Bo Jong tahu, ini akan bahaya jika ini diungkap..Yu shin lebih mencemaskan Daeya. Dan tanya apa ada berita dari Daeya. Im Jong berkuda dan kembali dari Daeya. Kim Seo Hyun dan tentaranya bersiap berperang dari Seorabeol. Im Jong sampai ke istana dan lapor ada orang dengan nama Heuk hanya ia sudah meninggal beberapa bulan yang lalu. Ratu kaget.

Ha jong juga kaget, apa Yu shin sudah bohong. Yeom Jong berkata ia tidak tahu tapi pasukan bergerak karena informasi Yu Shin. Mi Saeng berkata lebih lagi Yu Sin adalah orang yang seharusnya diasingkan yang diperintah dengan perintah kerajaan. Tapi Informasi Yu shin tidak benar. Seol Won tanya apa ini saat tepat yang ia tunggu. Bi Dam membenarkan ini saat tepat yang sudah ia tunggu dan datang lebih cepat dari yang ia duga.

kadorama-recaps
Yu Shin kaget saat tahu orang dengan nama Heuk sudah meninggal. Apa tidak ada yang lain. Guk San heun dan Dae Pung berkata tidak karena mereka sudah memeriksanya. Guk San heun berkata semua berpikir Yu SHin sudah memberi laporan palsu. Kim Yu Shin mencemaskan Daeya. Yang Gil berkata Kim Seo Hyun sudah menarik pasukannya.

Ratu mengadakan sidang. Semua mengatakan Yu Shin sudah memberikan informasi yang palsu. Mi Saeng berkata Ratu memberikan kemurahan pada kriminal dan memberi tugas yang sangat penting, bagaimana ini bisa terjdi. Kim Yong Chun berkata Kim Yu shin sudah membuat asumsi yang salah dan mengacaukan militer tapi ini hanyalah kesalahan manusia. Ia tidak punya niat jahat dan minta pendapat Ratu.

Bi DAm menghadiri sidang (mirip maminya, datang telat biar diperhatikan..ckck) dan setuju bahwa Yu Shin tidak sengaja memberikan informasi palsu. Tapi Bi Dam minta ijin untuk bicara dan lapor saat Yu shin ditahan Bo Jong, ia terlihat bersama Wyol Ya dan Seo Ji. Ratu kaget sekali dan ini sangat tidak diharapkan (pasti Ratu pingin sekali mencincang BD..) dan Ratu harus berpikir cepat. Jujin tanya apa ini benar, ia berkata pada Ratu ini sungguh tidak bisa diterima. Jujin berkata menjalankan perintah rahasia Ratu hanya alasan bagi Yu Shin untuk berhubungan dengan Bo Gya Hoe.

Mereka minta Yu shin dihukum karena melawan negara ini. Ratu tersudut dan ia ingat Bi Dam menunda menjawab pertanyaannya saat itu kemudian Ratu sadar ini jawaban Bi Dam atas pertanyaannya. Bi Dam memberikan jawaban padanya.

Ratu tanya pada Bi Dam apa ia baru tahu soal ini. Atau Bi Dam sudah tahu sebelumnya dari awal bahwa Yu Shin bertemu Wyol Ya dan Seo Ji. Bi Dam berkata bagaimana ia berani berbohong pada Ratu, Bi Dam mengaku ia sudah tahu sejak awal. Ratu marah kalau Bi Dam tahu dan mengapa ia menahan informasinya dan hanya mengatakannya sekarang. Bi Dam berkata kepandaian Kim Yu Shin sangat penting bagi mereka, jika Bi Dam mengungkapkan ini sebelumnya maka akan diabaikan dan tidak ada gunanya. Itulah mengapa ia menunggu untuk memeriksa ini benar atau salah lalu lapor pada Ratu. (Ratu, pasti sebel bgt ama BD ya..BD salah makan kali..)

Ratu : apa sekarang kau ingin bermain kata2 denganku menunggu saat tepat untuk mendorong Kim Yu Shin ke sudut dan baru bertindak. Bi DAm berkata Bo Gya hoe adalah halangan bagi Silla, Ratu tidak perlu membela Gaya. Ratu : maka..Bi Dam melanjutkan, Kim Yu shin tidak akan melepaskan Gaya..lanjutkan kata Ratu, Pilihan Ratu hanya satu yaitu Ratu akan menjadi orang yang meniggalkan Yu shin. Bi Dam dengan tulus memohon untuk melepaskan Kim Yu Shin. Bi Dam memaksa Ratu untuk memutuskan.

Putri Man Myeong mengunjungi Yu Shin, apa yang harus mereka lakukan. Ada orang2 yang memohon agar Yu shin dieksekusi. Yu Shin tanya apa ada gerakan aneh di Daeya. Ibunya berkata ini bukan saatnya membahas Daeya. Kim Yu Shin berkata karena Daeya maka masalahnya jadi seperti ini. Putri Man Myeong tanya apa Daeya akan benar2 diserang.Yu Shin membenarkan makanya mereka harus tetap bersiap2.

Ratu sakit kepala. Chun Chu datang dan menghadap. Ratu tanya apa Chun Chu mau membujuknya untuk menyingkirkan Kim Yu shin. Tidak kata Chun Chu. Kim Chun Chu berkata Ratu tidak bisa menyingkirkan Gaya begitu saja. Apa tidak ada cara lain menyelesaikan ini. Ratu tanya apa Chun Chu punya ide. Kim Chun Chu senyum, Ratu tahu Kim Chun Chu punya jawabannya. Iya, dan jawabannya adalah aku Kim Chun Chu. Ratu tersenyum.

Kim Yu shin menggambar di lantai penjara dengan arang. Ia menggambar benteng Daeya dan mengingat aktifitas di kamp Baekje. Kim Yu shin berpikir keras. Ratu ada di balkon dan mengingat kata2 Kim Chun Chu. Bi Dam menemui Ratu. Bi Dam tanya apa keputusan Ratu mengenai Kim Yu shin. Ratu tanya apa itu alasan Bi Dam menemuinya karena ia ingin tahu? Bi DAm berkata jika Ratu tidak menyingkirkan Yu shin..Ratu berkata jika ia tidak mampu menyingkirkan Yu shin maka Bi Dam akan melindungi Yu shin tapi kemudian akan ada petisi agar Yu shin dieksekusi dan akan meningkat sebelum dia bisa melakukan apapun sementara Hwarang dan pasukan akan mulai mendesak bertemu dengan Ratu dengan petisi.

Bi Dam berkata ia harus melakukan yang ia bisa untuk menghentikan petisi, Ratu hanya perlu memberikan persetujuan saja agar ia bisa menyelamatkan nyawa Kim Yu shin.

Ratu : Nyawa Kim Yu shin, apa ini mengenai ikatan pernikahan? Bi Dam kaget karena Ratu dapat menebak dengan tepat. Ratu tanya apa ini adalah nilai nyawa Kim Yu shin seharga dengan ikatan pernikahan mereka, semahal itukah. Ratu berkata Bi Dam tahu itu tidak senilai itu, Bukankah Bi Dam mengharapkan itu. Bi Dam bergumam membenarkan itu yang ia harapkan tapi Bi Dam berkata ia tidak pernah menentukan harga untuk menukar kesetiaannya pada Ratu.

Ratu berkata kesetiaan itu tanpa ocehan yang mencemaskan. Bi Dam minta Ratu menurunkan perintah jika Ratu ingin Bi Dam mengampuni Yu hsin. Bi Dam : aku akan mengampuni nyawanya, aku akan melakukannya demi Ratu. Ratu berkata ia tidak akan menurunkan perintah dan ia meminta Bi Dam Pergi. Ini pasti penolakan yang sangat menyakitkan bagi Bi Dam.

Bi Dam menemui Yu Shin dan menginjak gambar yang dibuat Yu Shin. Ia duduk dan berkata ada petisi yang minta agar Yu shin di eksekusi. Tapi Yu shin disini duduk dan mengoceh bahwa Daeya akan diserang. Bi Dam berkata karena Yu shin, ia sudah membuat Ratu stress dan susah. Kim Yu Shin juga membuat Bi Dam pusing.

Kim Yu shin berkata Bi Dam lebih cepat, pintar dan cerdas dari pada dia, tetapi mengapa Bi Dam tidak bisa membaca situasi dengan jelas dan menganggap ringan ini. Kim Yu shin berkata akan terjadi hari ini, sebelum hari ini berakhir, Daeya akan diserang. Bi Dam minta Kim Yu hsin berhenti. Yu shin berkata prioritasnya bukan keselamatannya tapi keamanan negeri ini dan kau. Jika Daeya diserang maka tanggung jawab akan jatuh pada jenderal Auditor yang tidak pernah memeriksa laporan yang sudah ditemukan olehku dan menyingkirkannya.

Bi Dam tanya apa Yu shin dapat meyakinkannya dengan semua ini. Kim Yu shin tanya : Apa yang akan dilakukan ibumu di saat seperti ini? Bi Dam marah, Kim Yu shin tidak diijinkan menyebut nama ibunya. Kim Yu shin berkata jika Bi Dam memiliki setengah kecerdasan dan penilaian Mi shil, maka lihat saja aku, apakah aku takut dan apa aku terlihat seperti orang yang mengadakan keributan. (well Mi shil pasti sudah tahu, ia dapat membaca pikiran)


Kim Yu shin berkata ia tidak tahu mengapa tidak ada mata2 dengan nama Heuk, dan ini membuatnya gila, tapi Daeya akan diserang malam ini. Kim Yu shin berkata Bi Dam sibuk berburu menjangan tapi tidak melihat Gunung Taisan. Kim Yu shin minta Bi Dam melihat Gunung Taisan, maka ia akan tahu melihat keseluruan ceritanya dengan jelas. (Idiom ini adalah idiom cina, aku ingat Chao Ming atau Tio Beng dari kisah membunuh naga pernah berlutut pada Chang SamFeng dan meminta maaf karena tidak melihat gunung Taisan di depan mata, oh..I missed Chao Ming, she's really cool..)

Bi Dam pergi dan berkata pada dirinya Yu shin bukan orang yang suka membuat2, Yu Shin selalu mengatakan yang sebenarnya. Bi Dam merenung saat Yeom Jong memanggilnya. Yeom Jong berkata Yu hsin menggali kuburannya sendiri. Bi Dam menghentikan Yeom Jong kemudian berkata bagaimana jika Daeya diserang. Yeom Jong tanya bagaimana mungkin. Bi Dam minta Yeom Jong membawa semua laporan mengenai penyelidikan mereka di Daeya dan membawanya pada Bi Dam segera. Yeom Jong kaget tapi Bi Dam melotot padanya dan Yeom Jong melakukannya.

seol Won memberi salam pada Ratu, Ratu tampak gelisah kata Seol Won. Ratu berkata Seol Won punya segudang pengalaman berperang dan pertempuran. Dan ia adalah orang dengan insting yang tidak dimiliki orang biasa. Seol Won Rang berkata Kim Yu shin benar2 orang yang dapat dipercaya, tidak peduli apa yang ia lalui dimana atau apa, Yu shin selalu melakukannya untuk Ratu. Maka orang yang membuat Ratu gelisah bukan Kim Yu Shin. Seol Won Rang berkata Ratu harus ingat, Ratu sudah mengingatkannya tidak memperalat Bi Dam, tapi orang yang sekarang memperalat Bi Dam bukan lain adalah Ratu sendiri. Ratu harus bertanggung jawab apa yang sudah dilakukan Bi Dam dan semua tindakannya.

Seol won berkata agar Ratu menenangkan Bi Dam dan memberinya kepastian. Bi Dam dapat memberikan kesetiaan yang lebih baik dari orang lain pada Ratu itu Seol won yakin bahwa Ratu juga tahu pasti masalah itu dalam hati.

Suelbu berkata Yu shin berbohong pada Ratu dan ia merendahkan dewan. Bo Jong berkata Ratu mengaku ia sudah memberi perintah pada Yu shin dan bagaimana mereka akan mengurus itu. Mereka hanya bisa menunggu Ratu menyelesaikannya. Ha Jong berkata mereka akan memaksa Ratu membuat keputusan. Mi Saeng berkata di saat sepenting ini, mengapa Bi Dam tidak ada.

Bi Dam melihat keseluruhan daftar administrasi dan pemerintahan Daeya. Bi Dam berkata tidak ada apa2 tapi apa yang dilihat Yu shin disana. Yeom Jong berkata Yu shin pasti bohong. Bi Dam berkata Yu shin tidak akan pernah bohong dengan masalah seperti ini. Bi Dam berpikir keras. Para menteri berlutut di depn In Gang Jeon untuk memohon Ratu mengeksekusi Yu shin. Tapi pihak militer memohon agar Kim Yu shin diampuni. Mereka saling berlomba mengajukan petisi pada Ratu.

Go Do berteriak mereka tidak boleh melakukan ini pada Yu Shin. Ratu dalam ruang duduknya mendengarkan semua petisi dan teriakan di luar, Al Cheon berdiri di sisinya. Lalu Joo Bang mengantarkan tumpukan petisi dari daerah. Joo Bang berkata semua petisi ini meminta agar Yu shin dieksekusi, apa yang harus mereka lakukan. Ratu memejamkan matanya dan bepikir. Joo Bang berkata Ratu harus menutup matanya, menutup telinganya, tidak berpikir apapun, jangan berkata pada Joo Bang ia perlu menyelamatkan Kim Yu shin dan ia harus melakukannya. Ratu tanya mengapa.

Joo Bang berkata ia tidak tahu apapun mengenai politik dan ia juga tidak tahu apa2, tapi jika Ratu menyingkirkan Kim Yu shin..Joo Bang berkata Yu shin hanya berkata jujur bahkan tidak peduli statusnya. Ia merasa Ratu akan hancur jika melakukan ini. Jika Ratu tahu akan hancur maka jangan lakukan jika ini melawan hatinya.

Kim Yu shin mendengar semua petisi saat Al Cheon datang dengan berlari, Yu shin tanya apa ada berita dari Daeya, Al Cheon berkata tidak ada. Al Cheon berkata istana sekarang kacau, tapi ia percaya Yu shin jujur. Tapi keadaan kacau dan Yu shin harus tanggung jawab. Kim Yu shin berkata saat ini bukan keselamatannya yang penting. Kim Yu shin berkata akan ada perang itu pasti dan mereka harus segera menghentikan pasukan Baekje. Al Cheon tanya apa Yu Shin yakin Daeya akan diserang. Yu shin berkata jika perhitungannya benar, maka akan terjadi malam ini. Al Cheon tanya mengapa tidak ada mata2 dengan nama Heuk, dan apa Yu shin yakin dengan yang ia lihat. Kim Yu shin berkata ia lihat hanya sebagian, tapi ada kat heuk disana.

Yeom jong berkata tidak ada apa2, jadi kata heuk pasti bohong.

Kemudian Bi Dam sadar tentang karakter heuk dalam bahasa Cina. Pasti ada hubungannya dengan daftar hurufnya. (dalam bahasa mandarin, karakter yang sama dikumpulkan menjadi satu, huruf dengan jumlah goresan sama akan dikelompokkan menjadi satu. Jumlah goresan antara 1-17. Heuk dalam indeks tercatat sebagai karakter dengan 12 goresan )

Yeom Jong melihat daftar nama, dan ia melihat bahwa Heuk dalam indeks mengacu pada nama Jeom Yang dan Geom Il yang memiliki Heuk (12 goresan), salah satu pasti mata2 itu. Bi Dam melihat Geom Il bertugas di gerbang utara. Yoon Chung menerima merpati pos dari Geom Il yang berkata ia akan membuka gerbang utara malam ini.

Bi Dam berkata mereka harus mengurus ini sendiri, mereka harus ke daeya dan menahan Geom Il, bukan mereka harus membunuhnya. Yeom Jong kaget dan Bi Dam memerintah agar mereka mengirim Bo Jong diam2 ke Daeya dengan kuda tercepat. Yeom Jong mengerti dan pergi.

Bo Jong berkuda ke Daeya dan berkata mereka harus menahan mata2 Baekje dengan nama Geom Il dan membunuhnya segera. Bi Dam melihat mereka pergi.

Yoon Chung mengumumkan bahwa mereka sudah menerima merpati dari Geom Il bahwa malam ini ia akan membuka gerbang utara. Mereka akan merebut Daeya. Semua bersorak.

Bi Dam menemui Ratu dan ia minum teh dengan gugup. Bi Dam tanya mengapa Ratu memanggilnya. Bi Dam minta Ratu memberinya perintah, apa yang membuat Ratu kelihatan susah. Ratu berkata Seol Won Rang sudah mengatakan padanya bahwa ia memperalat Bi DAm dan ia tidak memberikan Bi Dam jaminan sehingga Bi Dam menjadi tidak enak. Ratu tanya apa ini benar? Bi Dam tanya apa maksud Ratu. Ratu tanya apa Bi Dam jatuh cinta padanya?

Bi Dam hanya melihat ke arah Ratu. Ratu berkata ia sudah bertanya dan Bi Dam harus menjawabnya. Bi Dam membenarkan, Iya aku memang mencintai Ratu. Kemudian Ratu tanya pada Bi Dam, bagaimana dengan cinta pada Silla. Bi Dam heran dengan pertanyaan Ratu dan Ratu mengulang : Apa Bi DAm mencintai Silla atau tidak. Bi Dam ragu2 menjawab.

Kim Seo Hyun berbaris dengan tentaranya. Kemudian seorang tentara datang dan memberi kabar, tentara Baekje dipimpin Yoon Chung bergerak. Mereka menuju Seongju. Kim yu shin berteriak memanggil penjaga apa ada kabar dari Daeya. Mereka berkata belum ada kabar apapun, mereka minta yU SHin agar tenang. Kim Yu shin minta penjaga pergi ke dept pertahanan untuk mencari keterangan. Penjaga berkata ia tidak bisa meninggalkan posnya ia minta maaf pada yu shin.

Di Daeya, Geom Il membuka pintu utara dan pasukan Baekje masuk dan membakar benteng. Bo Jong dan San Tak melihat dari jauh. Bo Jong memerintahkan mereka harus lapor ke Seorabeol segera.

Ratu mengerti niat Bi Dam dan jika harus ada ikatan pernikahan diantara mereka, itu bukan karena menyelamatkan Kim Yu shin atau pengabdian lain. Tapi karena Ratu membutuhkan Bi Dam secara fisik di sisinya tapi untuk Bi Dam, ia hanya tergerak dengan urusannya sendiri, pasti karena kekuasaan maka Bi Dam menginginkan pernikahan kerajaan. Tapi mengapa Bi Dam karena menginginkan pernikahan ini membuat pengerahan kekuatan untuk meraihnya. Ratu tanya bagaimana Bi Dam dapat senaif dan seperti anak2 ? Di seluruh seorabeol, Bi Dam benar2 naif.

Bi Dam ingat apa yang dikatakan Mi shil, mimpi Bi Dam adalahmimpi yang paling naif..Mi shil berkata tidak ada karisma bagi seorang pria jika ia hanya mengabdi pada seorang wanita, ..Ratu berkata Bi Dam berkata ia mencintai Ratu, tapi baginya saat ini ia hanya bisa mencintai Silla. Jika Ratu sudah memberikan cintanya pada Silla bagaimana ia dapat mencintai yang lain. Bi Dam berkata jika Silla yang ia cintai maka Bi dam akan menjadi Silla itu. Ratu bagi Bi Dam adalah Silla, karena cintaku pada Ratu dan silla tidak bisa dipisahkan.

Yeom Jong lari memanggil Ratu dan Bi Dam. Bi Dam tanya ada apa, Ratu dapat menebak apa yang terjadi. Bi Dam berkata pasti tidak...Guk San heun memberi informasi pada Yu shin bahwa Daeya diserang dan dikuasai. Kim Yu shin terpaku. Yeom Jong membenarkan penyelidikan Kim Yu shin, Yu shin benar. Ada mata2 baekje bernama Geum Il yang membuka gerbang, juga ada yang bernama Mo Cheok yang membakar persediaan gandum untuk memberi tanda pada tentara Baekje.

Pasukan Kim Seo hyun mencoba mencegah tapi pasukan Yoon Chung bisa menahan blokade. Paginya, Kim seo hyun diserang. Deok Chung dan Baek eui bertempur dengan berani, (Tirza, ehm..Baek Eui ini aku beberapa kali terpesona hehe..tapi lebih pada senjatanya, senjatanya tombak besar ..keren kaya senjata Kwan Kong atau Guan Yu dalam Sam Kok). Kim Seo hyun harus beradu pedang dengan mereka. seol yun dan Hwang Yun terluka dari pertempuran karena rencana mereka dipatahkan musuh. Hyang Yun berkata pasukan Baekje benar2 tidak bisa ditahan.

kadorama-recapsKim chun Chu berkata pada Ratu bahwa baekje mengambil jalan dari Chu Hwa lalu Iseo dan menuju Amnyangju dan dalam sehari mereka akan sampai ke kotaraja. ..Bi Dam masuk dan minta Ratu tidak perlu cemas, pasukan Yu shin tidak akan dikalahkan. Bangsawan Sueulbu tanya apa Bi Dam mengusulkan agar Yu shin memimpin pasukan. Ho Jae berkata Yu shin dituduh melakukan kejahatan. Kim Chun Chu tanya lalu bagaimana mengerahkan pasukan Yu shin tanpa Sangjanggun. Bangsawan Sueulbu berkata mereka tidak bisa membiarkan kriminal memimpin pasukan Silla. Kim Yong Chun bertanya lalu siapa yang bisa memimpin pasukan?

Jujin tanya apa Bi Dam akan memimpin pasukan Kim Yu shin ? Kim Yong Chun berkata Bi Dam tidak memiliki pengalaman militer untuk memimpin pasukan. Bi dam berkata ia punya kandidat yang paling pas. Ia sangat berpengalaman dan memiliki keahlian strategi tinggi dan pengalaman tempur luar biasa, orang itu tidak lain Seol won RAng. Bukankah ia masih ada. Bi Dam berkata Seol Won Rang yang akan memimpin pasukan Kim Yu shin. seol Won datang dengan baju perang lengkap dan ia minta Ratu memberinya perintah untuk pejuang tua ini untuk mengerahkan pasukan, jika ia gagal untuk menyelamatkan Silla dari bahaya atau mempermalukan Ratu maka ia tidak akan kembali hidup2.

Go Do pergi dan lapor pada Yu shin bahwa seol Won akan memimpin pasukannya. Bagaimana mereka bisa dipimpin Seol won Rang. Mereka tidak puas dan mengeluh. Kim Yu shin berkata agar anak buahnya mengikuti perintah Seol Won Rang. Yu shin berkata Seol Won Rang sangat berpengalaman, biarpun ia sudah tua dan jarang berperang akhir2 ini hanya itu yang membuat Yu shin cemas. Tapi Yu shin minta anak buahnya memberi laporan kondisi terakhir dan perubahan dalam pasukan Baekje selama 10 tahun ini (adegan perang selalu membuatku bersemangat, kesatuan, kerjasama, strategi, kehormatan, kepatuhan, aksi, kueren..musuhpun bisa bersatu kalo perang hehe..)

Bi dam memberikan dokumen pada Ratu dan berkata padanya mereka sudah merancang rencana pertahanan untuk setiap benteng di dlm negri setelah jatuhnya Daeya. Seol Won Rang sudah merancang rencana ini. Ratu melihat dan Bi Dam menjelaskan padanya. Ratu memegang peta dengan mengepalkan tangannya. Bi Dam melihatnya, tangan Ratu gemetaran. Bi Dam berkata jika Ratu sudah memilih bahwa Ratu memerlukannya ada di sisinya dan bukan demi Silla tapi untuknya lalu siapapun yang Ratu pilih harus bermanfaat bagi Silla dan ini akan dilakukan. Bi Dam berkata ia akan menyelamatkan Silla untuk Ratu, dan apapun yang Ratu cintai.

Ratu : Siapapun selamatkan negri ini..akan pantas.

No comments:

Post a Comment