Monday, July 18, 2011

Sinopsis The Great Queen Seon Deok Episode 43

kadorama-recaps
kadorama-recaps

Kim Chun Chu tidak percaya justru ini yang terjadi. Deok Man juga salah mengartikan Mi Shil. Kim Chun Chu berkata Mi Shil bukan Seongol dan bukan keluarga Raja. Tapi Deok Man mengingatkan bahwa Chun Chu pernah menyinggung kelemahan sistem Golpumjedo. Kim Chun Chu bertanya apa Mi shil punya hak untuk naik takhta. Deok Man berkata bahwa Mi Shil selama ini diakui atau tidak berperan besar dalam memeimpin Silla.

Kim Chun Chu : Apa kita akan membiarkan ini terjadi, mengapa kita tidak memberikannya saja pada Mi shil.

Deok Man : Tidak..Mi Shil mungkin memang ahli. Tapi kemudian tidak ada kemajuan di Silla. Bagaimanapun, Mi Shil tidak dapat mengabaikan latar belakangnya sebagai bangsawan. Tapi saat aku naik takhta, aku akan menancapkan akarku semakin dalam dan jauh. Akarku adalah rakyat negri ini. Aku mungkin kurang jika dibanding dengan Mi Shil tapi itu alasannya mengapa aku ingin naik takhta. Mengapa kau dan aku, atas nama keluarga Raja, Hwarang Yu Shin atas nama kekuatan Gaya, dan kekuatan daerah Hwarang Al Cheon, harus bersatu sebagai kesatuan. Inilah mengapa aku mengulurkan tanganku padamu. Sekarang..pilihannya terserah kau yang memutuskan.


Ha jong tanya apa maksud ibunya. Mi Shil sekali lagi menegaskan bahwa untuk Raja Jinji, Pangeran Baek Jeong, Se Jong, atau bahkan Kim Chun Chu, dia tidak akan mempromosikan siapapun naik takhta kecuali memberikannya pada dirinya sendiri. Mi Shil berlutut di depan mereka semua dan memohon dengan tulus untuk membantunya meraih takhta.

Kim Chun Chu merenung dan mencerna semua yang diungkapkan Deok Man. Al Cheon bertanya pada Deok Man apa keinginan Mi Shil adalah meraih takhta. Deok Man berkata dari yang ia lihat dan pikirkan. Kim Yu Shin bertanya mengenai Kim Chun Chu. Deok Man percaya Kim Chun Chu adalah anak muda yang cerdas dengan pemikiran kritis dan daya analisa tinggi dan percaya bahwa Chun Chu bijaksana untuk memutuskan sesuatu. Deok Man tanya Bidam bagaimana ia mengenal Yeom Jong. Bi Dam : Yeom Jong beberapa kali membantu guruku untuk berbagai urusan.

Deok Man tanya apa Chun Chu kenal dengan Yeom Jong saat ia kembali ke Silla, Bi Dam berkata sebelum ia kenal dengan Yeom Jong keduanya sudah saling kenal di Cina. Bi Dam berkata bahwa Yeom Jong tahu potensi Kim Chun Chu. Deok Man tanya apa yang dilakukan Yeom Jong untuk Moon Noh. Bi Dam berkata bahwa Yeom Jong memiliki jaringan yang memberikan informasi dan intelijen dari Goguryeo, Baekje dan Cina dan Yeom Jong mengenal bangsawan dari negeri itu. Deok Man tanya apa Yeom Jong bisa dipercaya. Bi Dam mengangkat bahunya, Yeom Jong adalah pedagang. Bi Dam berkata selama urusannya menguntungkan dirinya, mereka bisa mempercayai Yeom Jong. Deok Man tanya mengenai eisiensi Yeom Jong. Bi Dam meyakinkannya, Yeom Jong sangat bagus kalau tidak gurunya tidak akan memakainya. Deok Man melihat ketajaman dalam Yeom Jong saat Yu Shin tanya pendapatnya. Al Cheon berkata bahwa Deok Man harus mengatakan pada mereka tentang Mi Shil.

Deok Man berkata pada kubunya, bahwa ia dan Kim Chun Chu telah menyebabkan Mi Shil menyadari sesuatu dan ia ingin menguasai takhta juga. Kim Yu Shin berkata apa itu mengenai sistem Golpumjedo atau masalah gender. Deok Man membenarkan, bahwa sampai sekarang Mi Shil belum memproklamirkan diri, tapi angin perubahan sedang melanda Silla saat ini. Al Cheon berkata jadi Mi Shil akan maju sebagai calon Penguasa. Deok Man berkata jika itu mengenai jasa baik, dia memiliki dukungan dari sentimen publik lebih dari yang lain.

Menurut Yu Shin, meskipun Mi Shil sudah tidak dianggap setengah dewa dan kehilangan posisi di kuil, tapi pengaruhnya masih kuat di dewan menteri. Deok Man berkata sampai sekarang Mi Shil masih mendominasi administrasi. Bi Dam berkata bahwa yang paling penting adalah bahwa Mi Shil tidak melepaskan mimpinya, jadi jika takdir menghalanginya menjadi Permaisuri, ia akan menjadi...Deok Man menyambung kalimat Bi Dam : Ratu.

Al Cheon berkata tidak ada yang membuatnya heran tapi ia juga cukup bisa dicontoh. Kim Yu Shin berkata saat Deok Man memproklamirkan diri sebagai Ratu, dan membunyikan "alarm" Mi Shil. Deok MAn berkata jika Mi Shil memang memimpikan menjadi Ratu, maka tidak akan membuatnya terbeban dan terganggu. Deok Man berkata masalahnya keputusan Mi Shil naik takhta adalah saat Kim Chun Chu yang menciptakan konflik untuk memecah belah pihak Mi Shil dan gagal, Mi shil sudah melangkah ke depan dan menyatukan Se Jong dan Seol Won Rang yang hampir berperang.

Mi Saeng kaget ketika tahu dari Se Jong dan Seol Won Rang bahwa Mi Shil berniat menjadi Ratu. Seol Won berkata ia sudah bersama Mi Shil sejak pertama ia memiliki mimpi. Seol Won berkata bahwa latar belakangnya menjadi pemicu kekuatan sejak awal tapi sejak ia berdiri disamping Mi Shil selama ini, ia tahu bahwa mimpi mereka menjadi satu dan mimpi Mi Shil adalah mimpinya. Ha Jong masih ragu. Se Jong berkata Mi Shil benar2 jahat bagaimana ia bisa menginginkan dirinya lebih kuat dari mereka. Se jong berkata bagaimana mereka dapat memanggil diri mereka pria. Se Jong menghela nafas, ia akan mengikuti keinginan Mi shil.

Bi Dam tanya apa ada kemungkinan akan terjadi kudeta, Kim Yu Shin dan Al Cheon bertanya2 dan mereka yakin Mi shil bisa saja melakukannya. Deok Man berkata tidak mungkin. Kim Yu Shin berkata Mi Shil penah melakukannya saat Raja Jinji berkuasa. Deok Man berkata bahwa Yi Sabu, Geo Chilbu, No Ribu, bahkan Moon Noh semua dimenangkan oleh Mi Shil, dan ia melakukannya tanpa ada darah tercurah. Yu Shin menambahkan saat pengerahan prajurit, ia tetap dibenarkan. Deok Man berkata bukan hanya itu, Mi Shil menggunakan semua jasa2nya untuk mempengaruhi orang2 disekitarnya untuk mendapat dukungan.

Seol Won berkata keuntungan terbesar Mi Shil bahwa ia tidak pernah kehilangan penilaian mengenai banyak masalah. Ha Jong tanya apa Mi Shil akan memanfaatkan sidang dewan istana untuk mencalonkan diri sebagai Ratu. Mi Saeng berkata Putri Deok Man telah melakukannya, mengapa Mi Shil tidak bisa melakukannya juga. Jika ditanya siapa yang berhak menjadi Ratu, nama kakaknya pasti yang pertama disebut oleh rakyat. Ha Jong masih meragukannya.Semua bangsawan mengikutinya karena Mi Shil bukan keluarga Raja dan bagaimana kalau para bangsawan itu tidak mendukungnya. Mi Saeng bertanya apa Mi Shil akan melakukan hal yang sama ketika ia menurunkan Raja Jinji dalam mengatasi Raja Jinpyeong.

Se Jong berkata waktu itu mereka dibenarkan karena tindakan Raja Jinji yang semena-mena dan membuat rakyat menderita. Seol Won membenarkan, bahwa Raja yang sekarang tidak seperti itu. Lalu Mi Saeng menyarankan metode yang dilakukan kepada Raja Jinheung yaitu dengan pembunuhan dan mengubah wasiatnya. Seol Won berkata itu mungkin karena mereka adalah orang lingkar dalam Raja Jinheung lalu Ha Jong berkata apa yang akan mereka lakukan untuk menyukseskan ini. Mi Saeng berkata melalui dewan istana dimana Mi Shil akan dapat melancarkan rencananya. Seol Won juga memiliki pikiran yang sama. Tapi Ha jong berkata apa pendapat para bangsawan.

Kemudian Deok Man menjawab, para bangsawan akan terbagi kesetiaannya. Yu Shin berkata jadi kemungkinan para bangsawan yang dulu mendukung Mi Shil akan berbalik meninggalkannya. Al Cheon berkata itu mungkin saja karena tak seorang bangsawan pun yang mau kalau Mi Shil jadi Penguasa. Bi Dam berkata kalau begitu Putri Deok Man akan diuntungkan. Deok Man yakin sepertinya itu yang akan terjadi. Keputusan Mi shil akan menandai kejatuhannya karena kekuatannya mungkin akan menjadi kelemahannya dan ia akan jatuh. Bi Dam merenung pada kata kelemahannya. Deok Man tanya apa Yu shin sudah melakukan instruksinya. Kim Yu Shin berkata ada kecemasan dalam persiapannya, dan ia tanya apa Deok Man akan menyiapkan penjelasannya. Deok Man berkata waktunya sudah tepat tapi ada sedikit dalam prosedurnya yang harus dicermati dan memerlukan persiapan.

Raja bertanya mengenai masalah perubahan pajak yang ia dengar dari Kim Yong chun bahwa Deok Man sedang menghitung dan mengajukan perubahan perhitungan pajak untuk meningkatkan kemandirian pertanian, Putri Deok Man membenarkan. Raja mengatakan para bangsawan mungkin tidak setuju dengan proposalnya. Deok Man tahu dan para bangsawan mungkin tidak akan setuju dan proposalnya mungkin akan diperdebatkan selama bertahun2 antara keluarga Raja dan kaum bangsawan untuk menyadari dan memetik buahnya.

Kim Seo Hyeon tanya apa tujuan Deok Man mengajukan amandemen ini. Pertama, Keluarga Raja harus menunjukkan pada rakyat bahwa mereka melakukan ini untuk rakyat. Kedua, Deok Man menebak Mi Shil akan mengajukan diri menjadi Penguasa. Semua terkejut. Kim Seo Hyeon berkata jadi bukan lagi mengajukan Kim Chun Chu, melainkan dirinya sendiri. Deok Man membenarkan. Raja shock dengan kabar itu, Deok Man menambahkan oleh sebab itu ini adalah alasan utama dari amandemen mengenai aturan perpajakan yang baru untuk melumpuhkan kekuatan politik Mi Shil dan sekutunya dan itu akan terjadi.


Deok Man keluar dengan menyamar untuk masalah pajak. Seo Ji sedang mengatur pendaftaran tanah Silla dan minta stafnya tidak melakukan kesalahan dan tidak kehilangan satu detil kecilpun. Deok Man mengunjungi Seo Ji. Wyol Ya tanya bagaimana perkembangan masalahnya. Al Cheon berkata Raja sudah memberikan ijinnya. Wyol Ya merasa lega. Deok Man tanya dimana Bi Dam, Wyol Ya berkata Bi Dam ada di ruangan samping ia sedang memeriksa silsilah para bangsawan. Deok Man menemui Bi Dam dan tanya perkembangannya.

Bi Dam berkata ia sudah mengamankan catatan silsilah para bangsawan dari Yeom Jong dan jumlahnya ribuan. Deok Man ingin tahu bukan hanya kepemilikan tanah, tapi juga ikatan, koneksi, dan sekutu mereka. Bahkan hubungan mereka dengan Baekje dan Goguryeo harus dicatat. Bi Dam berkata ia sedang melakukannya. Deok Man berkata ini tidak dibatasi hanya para bangsawan tapi orang2 disekitarnya harus juga diperiksa. Bi Dam meyakinkan Deok Man ia sedang mengerjakan masalah ini dan akan mengurusnya. Deok Man berkata semua ini harus dilakukan dengan rahasia. Deok Man minta tolong agar Al Cheon dan Yu Shin memperhatikan pengobatan dan makanan Raja Jinpyeong. Al Cheon bertanya mengapa dan Kim Yu Shin menyimpulkan kecurigaan mereka siapa tahu Mi shil melakukan sesuatu dan mereka harus mencegahnya. Kim yu Shin mengerti dan akan melakukannya.

Seol Won dan kubu Mi Shil juga melakukan pemeriksaan silsilah para bangsawan. Ha Jong tanya apa mereka perlu bertemu satu persatu dengan mereka. Seol Won berkata mereka harus melakukannya. Dan mencari tahu pandangan dan berdiri diantara Mi Shil dan Putri Deok Man. Mi Saeng berkata bahwa sebagian bangsawan tinggal di Hwang Kyeong (rumah yang berdekatan, contoh di kompleks Bukchon Hanok Village di Seoul) yang memiliki sekitar 2000 rumah sudah ada 35.

Ha Jong melihat dari semuanya ada 25 yang sudah menjadi sekutu. Mi Saeng memeriksa lagi ada sekitar 200 bangsawan yang memiliki 300 rumah dan 450 bangsawan yang memiliki 100 rumah. Dan selain itu masih ada 200 lagi, jumlahnya terlalu banyak tapi dalam pandangan mereka bangsawan itu tidak akan banyak bersuara. Seol Won berkata para bangsawan ini mungkin akan memberikan pasukannya untuk Mi Shil. Ha jOng berkata ini bukan masalah dan Ha Jong menghitung anaknya yang dapat dinikahkan dengan 8 orang sebagai sekutu dan tanya berapa anak Mi saeng yang dapat ditambahkan. Mi Saeng berpikir sejenak dan Ha Jong berkata pamannya benar2 pintar tapi ia tidak tahu berapa anaknya yang belum menikah. (Tirza: kalo ngga salah Dae Nam Bo msh single yah..hmm..). Mi saeng berkata tidak semudah itu.

Ha jong berkata sangat bijaksana jika mereka memberikan kesempatan pada anak Mi Saeng untuk menikah dengan para bangsawan, itu solusinya. Seol Won setuju itu adalah solusi terbaik untuk menjadikan mereka sekutu. Ha Jong heran bahwa pemikirannya diakui. Mi Saeng berkata lihatlah betapa bahagianya Ha Jong bahwa akhirnya kepandaiannya diakui.

Mi shil merenung kemudian bertanya pada Chil Sook apa pendapatnya. Biarpun ia adalah orang yang mendengar niatnya pertama kali, Chil Sook tidak menunjukkan sedikit reaksipun. Chil Sook berkata ia adalah pengikut Mi Shil dan ia tidak punya keluarga atau kekayaan untuk dicemaskan dan apapun yang ingin dicapai Mi Shil akan menjadi tujuannya. Mi Shil sembari mendengar ia merasa Chil sook membencinya. Chil Sook menyangkalnya. Mi Shil berkata bahkan biarpun Chil sook membencinya itu tidak membantu. Karena dirinya banyak orang menderita tapi ia tahu Chil Sook akan tetap setia mengikutinya sampai akhir. Mi shil percaya ini belum terlambat dan jika ia sudah memikirkan ini selama satu dekade lalu.

Seol Won masuk dan menyerahkan dokumen. Seol won berkata untuk memulainya, mereka akan melihat reaksi para bangsawan dalam kegiatan mereka. Mi Shil mengerti dan memuji seol won sudah melakukan yang baik dalam keputusannya. Mi Shil berkata ia tidak akan punya waktu untuk bersaing tapi tetap ini akan bermanfaat untuk mereka, ia minta Seol Won melanjutkan pemeriksaan. Seol Won tanya bagaimana dengan Kim Chun Chu. Mi shil tersenyum.

Yeom jong menjelaskan pada Chun Chu tentang perubahan penghitungan pajak dan amandemen yang diajukan Putri Deok man. Ia sedang mengumpulkan informasi dari kaum bangsawan dan tuan tanah. Kim Chun Chu berkata bibinya mencoba membayangi langkahnya. Yeom Jong tidak mengerti dan Kim Chun Chu berkata bukan apa2. Kim Chun Chu menanyakan kegiatan Seol Won dan Se Jong, Yeom Jong lapor tidak ada yang aneh dan Mi shil? Yeom Jong berkata tidak ada apa2. Kim Chun Chu kemudian pergi dengan tergesa. Yeom jong merasa ia tidak pernah bisa menebak Kim chun Chu. Chun Chu menuju suatu tempat.

Bo Jong berkata bahwa ibunya minta mereka melaksanakan rencanyanya. Se Jong membenarkan. Dae Nam Bo datang dan berkata Kim Chun Chu ada disini. Mi saeng : Suruh ia masuk. Kim Chun Chu masuk dan Mi Saeng memberi salam dengan resmi. Kim Chun Chu memberi salam dan berkata mereka semua berkumpul di sini. Bo Jong berkata mereka mencari Kim Chun Chu. Se jong berkata tidak peduli betapa muda dan naif Kim chun Chu, ia adalah cucu Raja. Ia harus mengadakan upacara pernikahan dengan resmi. Mi Saeng berkata mereka harus mengadakan upacara ini dalam perayaan keluarga mereka.

Kim Chun Chu ingin tahu dimana Mi Shil. Ia ingin bertemu Mi shil. Kim Chun Chu bertemu Mi shil dan Chil Sook memberi hormat. Mi shil mengucapkan selamat atas pernikahan Kim Chun Chu. Mi Shil berkata betapa bahagianya Putri cheon Myeong jika ia tahu putranya sudah menikah. Mi Shil berkata ia dan Kim Chun Chu memiliki hal yang sama bahwa mereka berbagi sejarah bersama kakeknya Raja Jinji yang sudah diturunkan, ayahnya Kim Yong Su dan ibunya putri Cheon Myeong dan Mi shil mendekat dan memeluk Chun Chu serta berbisik di telinganya : "Akulah yang membunuh mereka semua dan tanya mengapa bisa demikian, ini karena kesombongan darah keturunan raja dalam mereka dan mereka berusaha membunuhnya yang membuat dasar konflik."

Mi Shil minta agar Chun Chu tidak mengulangi kebodohan mereka. Karena ia sudah memberikan jiwa dan raganya sepanjang hidupnya untuk menjadi Permaisuri yang ia tutupi dengan strategi dan ide. Mi Shil berkata jika Chun Chu takut dengannya maka chun Chu harus memihaknya dan jika ia kesini untuk balas dendam, maka Kim Chun Chu harus melawan dan menaklukkan Mi Shil seperti Putri Deok Man. Karena hanya ada 2 hal yang dapat dilakukan Kim Chun Chu. Ia berkata pada Chun Chu, pertaruhkan nyawamu untuk melawanku atau ia hanya akan hancur dan mati. Kim Chun Chu kaget Mi shil baru saja memberinya satu pelajaran mengenai hidup.

Kim Chun Chu pergi dan ia tahu apa yang akan dilakukannya. Deok Man duduk di kuil Putri Cheon Myeong. Chun Chu masuk dan ia melihat Deok Man berdoa, ia akan pergi tapi Deok Man memanggilnya dan ia senang melihat Chun Chu. Kim Chun Chu berbalik dan memberi salam. Ia akan pergi. Deok MAn berdiri dan tanya mengapa ia pergi begitu cepat. Kim Chun Chu tanya apa ia orang yang mencoba menyebarkan perpecahan dan membayangi langkah Chun Chu. Deok Man mengaku ia mempelajarinya dari Kim Chun Chu dan juga Mi shil. Deok Man berkata melumpuhkan musuh tanpa merusak adalah prinsip kebajikan. Kim Chun Chu bertanya-tanya siapa yang akan menang akhirnya. Kim Chun Chu pergi dan Deok MAn minta Chun Chu membantunya. Chun Chu tanya apa Deok Man mencoba agar ia membatalkan keputusannya. Bukan, tapi kau pernah tanya apa tujuanku datang ke Seorabeol.

Deok Man berkata, ia datang bukan hanya untuk Mi shil, tapi juga untuk Raja Jinpyeong dan negeri mereka yang menggelikan ini akan menjadi korban dari kemarahannya dan ia berkata pada Chun Chu bahwa ia tidak bisa lagi mempercayai seorangpun di dunia ini bahkan tidak Raja Jinpyeong, atau Ratu Maya atau bahkan Kim Yu Shin dan tidak seorangpun akan percaya dengan hatinya dan ini yang ada dalam hatinya sekarang.

Deok Man berkata bahwa kesombongan dan dendam menguasai jiwanya, pikirannya terperangkap oleh semua korban balas dendamnya dan sama dengan Kim Chun Chu juga memiliki perasaan dan pikiran itu. Deok MAn berkata bagaimanapun ia tidak bisa seperti itu, jika ia tidak percaya seorangpun maka tidak ada yang bisa ia mulai. Deok Man mengundang Kim Chun Chu untuk memulainya bersama. Kim Chun Chu tersenyum.

Kim Yu Shin dan So Hwa pergi ke klinik istana. Kim Yu Shin mengumumkan bahwa mulai hari ini So Hwa, pengasuh Putri Deok MAn akan mengawasi obat yang akan diminum Raja Jinpyeong. So Hwa berkata pada staf klinik mereka harus mencatat obat yang dimakan oleh Raja. Semua mematuhinya. Kim Yu Shin berkata bahwa So Hwa akan mengawasi obat Raja. Ratu setuju bahwa So Hwa yang akan mengawasinya, Kim Yu Shin minta ibunya mengawasi makanan Raja. Putri Man Myeong menyanggupinya.

Kim Yu Shin mengingatkan bahwa Putri Man Myeong jangan hanya mengawasi bahan mentah tapi juga setiap produk yang dikonsumsi Raja. Putri Man Myeong meyakinkan Yu shin. Kim Yu Shin berkata, sebelum makanan atau obat disajikan untuk Raja, mereka harus mencicipinya dulu, keduanya menyanggupinya.

Kim Yu Shin mengingatkan So Hwa bahwa tugasnya mengawasi pengobatan untuk Raja. Kim Seo Hyeon berkata ia sudah mengerahkan lebih banyak pengawal untuk sebagai keamanan istana. Ratu Maya berterima kasih pada Yu Shin dan Deok Man atas ketelitian mereka. Kim Yu Shin menemui Deok Man dan ia melapor kalau Bi Dam dan Al Cheon sudah pergi untuk melakukan tugas mereka. Kim Yu Shin yang akan menemaninya keluar. Yu Shin melihat Deok Man tidak terlalu baik, Deok Man berkata ia berbicara dengan Chun Chu. Kim Yu Shin minta Deok MAn sabar menunggu jawaban Chun Chu. Deok Man bersama Bi Dam, Al Cheon, Yu Shin dan Wyol Ya (atau lain kali kusingkat Deok Man F4 aja ya..), memisahkan dokumen2. Deok Man bertanya mengenai Bangsawan Ugwang, Bi Dam mencari dan lapor bahwa ia adalah gubernur Gyeonseong (skr kota Pocheon, propinsi Gyeonggi) dan ia adalah kakak ipar Bangsawan Doyong dan ia memiliki 3400 sok tanah. (1 seok = 15 m persegi)

Al Cheon berkata menurut penemuan mereka, bangsawan yang memiliki 3000 seok tanah paling banyak. Wyol Ya tanya apa mereka akan membatasi pada 3000 seok sebagai standarnya. Deok Man berkata mereka mungkin tidak mengerti. Tanah 3000 seok tidak cukup dan mungkin tidak. Yu Shin tanya mengapa. Kim Chun Chu masuk ke ruangan dan berkata dengan menetapkan batas, tidak mungkin membuat perpecahan yang ingin mereka lakukan antara bangsawan. Semua heran dengan kedatangan Chun Chu Yang tiba2, Kim Chun Chu menambahkan, jumlah bangsawan yang memiliki tanah memang banyak tapi bangsawan dengan pangkat Gubernur lebih rendah dari 6. Kim Chun Chu merasa bahwa mereka harus mendapat dukungan dari bangsawan dengan tingkat ini, tapi mereka juga harus menciptakan batas apakah bangsawan itu akan melawan atau netral. Bukankah ini alasan yang mereka perlukan untuk mengamankan pengaruh sesegera mungkin demi Putri Deok Man. Deok Man tersenyum, Kim Chun Chu sudah membagikan pemikirannya pada mereka. Kim Chun Chu siap menyambut tangan deok Man.

Kim Chun Chu tanya apa Deok MAn siap menerimanya dengan semua kesalahan dan kepahitan yang ada dalam hatinya. Deok Man berkata bukan hanya Kim chun Chu saja, tapi semua orang yang bergabung dengannya. Dengan kepahitan, mimpi, dan harapan..dia harus bisa merangkul mereka semua dan ini akan menjadi dasarnya. Jika Kim Chun Chu merasa naungan Deok MAn terlalu kecil untuk mimpinya, maka Kim Chun Chu bebas kapan saja untuk pergi.

kadorama-recaps
Kim Chun Chu memandang Deok Man dan bertanya apa ia dapat mengalahkan Mi Shil dan Kim Chun Chu menangis karena teringat ibunya dan ia bertanya apa Deok MAn juga mengucurkan air mata sebanyak dirinya untuk ibunya. Deok MAn memeluk Kim Chun Chu yang menangis. Kim Chun Chu bergabung dalam rapat. Kim Yu Shin berkata mereka akan menentukan batas pada 5000 seok sebagai standar. Deok MAn melihat ke arah Chun Chu. Chun Chu setuju. Wyol Ya berkata pasti begitu. Deok MAn tersenyum pada keponakannya. Bi Dam berkata sekarang tinggal mengumumkan perubahannya. Deok MAn berkata ia akan melaporkan pada dewan besok di istana.

Para Bangsawan mendengar mengenai perubahan perhitungan pajak yang menyebabkan kegaduhan dalam rapat dewan. Deok Man berkata semua tanah yang sudah dianugerahkan pada Raja Jinheung ...semua kepala daerah dan orang2nya sekarang ada di tangan kaum bangsawan dan tidak sesuai dengan harapan penguasa terdahulu, yang menginginkannya untuk memperluas wilayah dan sebagai hasilnya justru semakin memiskinkan rakyat dan menagih jumlah pajak yang sama adalah paktek yang kotor dan tidak jelas. Deok Man berkata dengan batas 5000 seok sebagai standar untuk menambah pajak dan untuk siapa saja yang memiliki tanah seluas 5000-7000 seok akan direkomendasikan 6 hal (1 hal = 1/10)

Lalu Deok Man mengumumkan perubahan, yang memiliki tanah 7000-9000 seok akan dikenakan 7 hal, 9000-12000 seok akan dikenakan 8 hal, semua bangsawan kaget bagaimana bisa begitu tinggi. Deok Man mengatakan mereka yang memiliki tanah dibawah 5000 seok, pajaknya akan dikurangi dari 5 hal menjadi 3 hal. Dan petani yang memiliki tanah 500-5000 seok akan dipungut 2 hal. Petani dengan tanah kurang dari 500 seok akan membayar 1 hal. Mi Saeng berkata apa ini artinya pajak untuk bangsawan tingkat rendah akan dikompensasi oleh bangsawan tingkat tinggi dengan memungut lebih besar. Deok Man membenarkan. Raja menyatakan bahwa perubahan pajak ini akan diajukan sebagai undang-undang. Raja menginginkan agar dewan istana segera meloloskan undang-undang ini. Para bangsawan ribut, sebagian senang dan sebagian lagi kesal. Deok Man tersenyum pada Mi Shil.

Joo Bang keliling kota dan mengumumkan pada masyarakat mengenai perubahan peraturan pemungutan pajak. Rakyat senang sekali karena ada pengurangan pajak untuk mereka yang memiliki tanah sedikit. Joo Bang berkata Putri sedang berusaha agar RUU ini bisa segera disahkan oleh dewan istana. Rakyat meragukan apa mereka mau karena kebanyakan anggota dewan adalah bangsawan. Yang lain berkata disahkan atau tidak ini memberikan mereka sedikit kelegaan untuk memperbaiki kehidupan mereka, dan betapa senangnya mereka karena Putri Deok MAn memberikan jalan keluar dari penderitaan mereka dan membuat mereka berharap untuk masa depan dan yang lain merayakan RUU Deok Man yang dipimpin Joo Bang. Orang2 itu berkata Joo Bang dan yang lain datang dari istana itu berarti mereka bertanggung jawab melindungi Putri.

Joo Bang sambil makan berkata memang begitu. Orang2 meminta mereka melayani dan melindungi Putri Deok MAn. Joo Bang meyakinkan orang2 bahwa mereka akan melakukannya. Go Do sangat senang dengan impian sebagai pengawal istana, itu adalah keputusan terbaiknya. Guk San Heun dan Dae Pung juga setuju. San Tak datang dan seperti biasa saling mengolok dengan Joo Bang.

Mi Saeng kesal karena para bangsawan jadi kacau. Bangsawan yang rendah tingkatannya bersorak sorai, tetapi sebaliknya bangsawan tingkat tinggi kesal. Ha Jong tanya apa ia sudah gila mengajukan undang-undang seperti itu. Seol Won berkata, tidak. Ia menciptakan pemisahan diantara para bangsawan. Seol Won berkata mereka harus memikirkan ini lebih jauh, apakah RUU ini akan memecah bangsawan tingkat rendah dan tinggi. Mi Saeng berkata ini persis seperti saat Kim Chun Chu menikahi Bo Ryang yang membuat Se Jong dan Seol Won Rang hampir bertikai. Seol Won membenarkan, Putri ingin mencoba memecah bangsawan. Seol Won berkata Putri Deok Man sudah bertambah bijak seiring berjalannya waktu.

Bo Jong dan para kapten Hwarang merasa tidak puas dengan perlakuan ini. Tapi yang lain berkata UU itu cukup adil, karena yang tanahnya banyak juga harus membayar banyak, sebaliknya yang sedikit mambayar sedikit. Seok Bum bahkan juga diuntungkan dari UU ini tapi perubahan pajak bukan topik diskusi kilahnya. Bo Jong sudah melihat perpecahan dalam tubuh Hwarang.

Beberapa bertanya pada Ho Jae, Ho Jae tidak tahu hasil dari masalah ini. Ho Jae juga berharap RUU ini segera disahkan tapi ia ragu apa dewan istana akan meloloskannya. Ho Jae bertanya pada Wyol Ya apa pendapat Putri dan Wyol Ya menjawab bahwa Putri sangat yakin dengan ini. Ho JAe berkata ayahnya datang ke seorabeol dan berharap dapat bertemu Se Jong. Phil Dan mereka akan ikut. Im Jong berkata ia harus menemui Kim Yong chun juga. Ho Jae pergi, Wyol Ya juga mau pergi tapi ia ditahan oleh Phil Dan. Phil Dan ingin berbicara dengan Wyol Ya.

Ho Jae menemui Se Jong dan mengatakan bahwa mereka mendukung RUU perubahan penghitungan pajak Putri Deok MAn. Se jong kaget. Ha jong kesal, mereka pasti sudah gila. Phil Dan berkata bahwa ayahnya minta ia menyatakan keinginannya pada Se Jong mengenai masalah ini. Semua bangsawan yang lain juga berkata mereka memberikan dukungan pada Se Jong sejak lama, Jika Se jong menolak RUU ini makan mereka akan kehilangan dukungan dari semua bangsawan yang hadir. Ho JAe berkata ini adalah permintaannya yang tulus.

Kim Yong Chu berkata pertentangan kedua kelas bangsawan mulai terlihat. Raja berkata RUU ini terlihat mungkin dan langsung tapi perdebatan sudah mulai terdengar di koridor dewan istana. Raja berkata Deok Man tidak berharap RUU nya diloloskan pada dewan istana. Ratu bertanya lalu apa, Kim Yong Chun berkata itu tidak akan lolos karena ada 8 suara melawan 2 suara milik mereka. Tapi jika RUU ini ditolak maka akan terdengar suara menderita dari bangsawan tingkat rendah. Raja berkata latihan ini akan menunjukkan dan memutuskan siapa yang melawan reformasi. Ratu menambahkan juga akan menunjukkan pada bangsa ini seperti apa Dewan istana itu.

Kim Yu Shin menemui Wyol Ya dan Phil Dan. Kata Wyol Ya, Phil Dan ingin bertemu Yu Shin. Phil Dan berkata ia memiliki surat dari ayahnya untuk Putri Deok Man, ia menyerahkan surat itu pada Yu Shin. Kim Yu Shin melapor pada Putri, bahwa bangsawan yang lebih rendah mulai bereaksi pada RUU, Al Cheon juga berkata ayahnya juga sudah mengirim surat dan berkata ia akan menghadiri rapat dewan istana. Deok Man senang ini terjadi. Kemudian Yu Shin ingat ia membawa surat dari ayah Phil Dan. Deok Man membacanya dan ia berkata Bangsawan Jujin ayah Phil Dan ingin bertemu dengannya.

Al Cheon berkata jika Jujin bergabung, ia adalah sekutu terbaik karena ia memiliki 5000 prajurit elit dan terletak paling dekat dengan Seorabeol. Yu Shin menambahkan ada peningkatan jumlah bangsawan yang ingin bepartisipasi dalam RUU mereka dan menunjukkan minat yang besar. Deok Man tersenyum bahwa RUU-nya mulai berdampak.

Mi Shil duduk dan kesal dengan RUu yang diajukan Deok Man. Mi Saeng mengeluh dan Ha Jong berkata bangsawan tingkat rendah mulai membuat keributan dengan masalah ini, Se Jong setuju mereka sudah jelas2 memperlihatkan oposisi pada kubu mereka. Semua dengan senang hati dan bahkan menekan sidang dewan istana untuk meloloskan RUU itu sebagai UU. Mi Shil tersenyum, Deok Man benar2 ahli dan tahu bagaimana beradaptasi dengan situasi dan mengambil kesempatan saat jalan sudah mengarah padanya. Mi Shil tanya apa Seol Won sudah bertemu dengan para bangsawan yang ia sebutkan. Seol Won sudah bertemu mereka, tapi pandangan mereka sudah mulai bergeser. Ha jOng berkata jika demikian, maka dukungan para bangsawan pada mereka akan lenyap.

Mi Shil diam saja dan Ha Jong memohon agar ibunya menjawab. Mi Shil berkata jika ini berlanjut maka mereka akan menjadi pengacau dan sasaran dari kemarahan dan ketidakpuasan. Mi Shil setuju bahwa mereka tidak boleh membiarkan ini terjadi dan tidak perlu membuat keresahan dalam kubu mereka dan minta dewan untuk mengesahkan RUU itu. Mi Saeng heran bahwa kakaknya meminta mereka menyetujuinya. Se Jong dan HA Jong tanya apa alasannya. Mi Shil memberi tanda agar mereka menyampaikan suratnya, Se Jong harus memberikan surat pada Seol Bu, Seol Won ke Jinju, Mi Saeng ke Bangsawan Shim Bo dan Ha Jong untuk Bangsawan Sung Shin. Mereka harus memberikan surat Mi Shil pada setiap orang secara pribadi bertemu mereka dan harus memberikan jawaban besok. "Ayo tunggu apa lagi.."

Deok Man melihat semua persiapan sidang dan berkata besok adalah harinya. Kemudian keesokannya sidang dimulai. Semua anggota dewan memberi hormat padanya. Deok Man masuk dan melirik Mi Shil, yang menghormat padanya. Se Jong membuka sidang dengan agenda untuk memutuskan RUU perubahan perhitungan pajak. Dan mereka akan melakukan debat dan mengambil keputusan. Se Jong minta mereka memberikan keputusan tanpa keraguan dan penundaan. Ia meminta para Bangsawan memberikan suara setuju atau tidak untuk RUU ini. Lalu para bangsawan mengambil keputusan mereka. Suaranya 9 setuju dan 1 menolak. Kim Seo Hyeon heran, Al Cheon merasa ini aneh bahwa semua anggota dewan memberikan suara setuju sebanyak 9 (mayoritas) dan mencium ada yang tidak beres. Kim Yu Shin berkata Mi shil mencoba menghindari menciptakan keresahan di kalangan bangsawan dengan menyetujui RUU. Deok Man melihat Mi Shil, ia tidak berharap hasilnya seperti ini.

Deok Man berdiri dan mengumumkan dia juga punya proposal yang lain. Se Jong mengingatkan tidak ada debat lebih jauh lagi saat suara sudah diambil dan hasilnya sudah diumumkan sesuai dengan tradisi dewan istana. Deok Man berkata ia tidak mendebat tapi mengusulkan. Deok Man berkata bahwa ia mengusulkan agar keputusan diambil berdasar suara terbanyak dan bukan dengan suara bulat dewan istana. Se Jong berkata ini adalah tradisi yang sudah lama dan tanya apa Deok Man ingin mengubah inti dari akar negara mereka. Deok Man berkata di Silla dewan istana masih menggunakan sistem pengambilan suara berdasarkan suara bulat dimana yang lainnya. Hanya dalam dewan istana yang menggunakan suara bulat, dan jika ada proposal yang tidak disetujui Sangdaedeung, maka tidak akan lolos sebagai hukun dan ini bukan hanya memperlambat kemajuan negara, tapi hanya terlihat untuk melindungi kepentingan bangsawan tingkat atas yang duduk dalam dewan. Deok Man mengusulkan untuk mengganti sistem pemungutan suara dimana para bangsawan yang duduk sebagai saksi memberikan suara mereka untuk membuat perubahan sistem pemungutan suara dalam dewan istana.

Bangsawan mulai berkata Deok Man benar dalam proposalnya dan Mi saeng dan Se JOng tampak tidak tenang dan gempar.

Deok MAn duduk dan tersenyum bahwa dia akan mendapatkan hasil yang menjanjikan. Mi shil dan Deok Man saling memandang satu sama lain. Deok Man tersenyum pada Mi Shil.

No comments:

Post a Comment