Monday, July 18, 2011

Sinopsis The Great Queen Seon Deok Episode 52

kadorama-recaps
kadorama-recaps
kadorama-recaps

Kim Yu Shin : Yang Mulia, hamba akan memberikan semuanya kepada Anda tanpa menahannya!
Bi Dam : Yang Mulia, hamba akan memberikan tanpa ragu2 semua yang Anda perintahkan!

Di Balairung Istana, Ratu mengangkat Kim Yong Chun sebagai Sangdaedeung, yang sebelumnya dijabat Se Jong yang mengepalai semua kementrian dan administrasi negara. Kim Yog Chun menerimanya dengan senang.

Ratu mengangkat Kim Seo Hyun sebagai Jenderal Besar dan kepala kementrian Pertahanan dan melindungi negara. Kim Seo hyun menerimanya. Ratu berkata agar semua melupakan yang sudah lalu dan mengumpulkan kekuatan untuk bersatu dan memasuki era baru Silla. Semua mengatakan akan melakukan yang terbaik.

Ratu dalam sidang privat-nya, Yu Shin tanya apa maksud Ratu merintis era baru, mengembangkan wilayah ke-4 penjuru, apakah ini saatnya menyadari mimpi Raja Jinheung ? Ratu membenarkan. Al Cheon berkata Ratu tidak meningkatkan anggaran untuk militer, bagaimana mereka akan melakukannya. Apakah dengan alat pertanian? Yu shin berkata ia mengerti niat Ratu. Ratu menyebut kota2 Maun Ryeong, Hwang Cho Ryeong, Dang Hang Seong, bagaimana kalian pikir wilayah ini bisa dikuasai Raja Jinheung?.

Ratu tanya apa dengan senjata, sebaliknya dia berinvestasi pada rakyat. Kim Chun Chu membenarkan, memberikan sesuatu untuk dimiliki rakyat, membahagiakan dan memberikan harapan. Ratu membenarkan. Bi Dam tanya apa mereka perlu menggunakan pemilik tanah. Ratu mengiyakan, ya persis seperti itu. Ratu berkata jika orang memiliki tanah, mereka akan berpikir ya ini tanahmu, kau harus melakukan yang terbaik untuk melindunginya, beginilah caranya kita akan menguasai dan memiliki hati rakyat demi ambisi besar yang akhirnya akan menyatukan 3 negara.

Ratu berkata mereka harus pertama2, mendidik psikologi rakyat untuk membuat mereka memiliki tekad kuat dan membuat mereka merasakan bagaimana memiliki kekayaan materi dan memiliki keuntungan kemudian baru kita bahas masalah penyatuan 3 negara. Ada kalanya kelak setiap penduduk akan memiliki tanah untuk dinikmati dan dilindungi dan harus dilaksanakan bagaimanapun caranya.

Ratu dan Yu Shin, membahas bagaimana mengembangkan negara ke 4 penjuru. Ratu perlu orang untuk dirangkul untuk menjadi subjeknya, apa Yu shin tahu siapa mereka. Ratu berpikir itu harus rakyat Gaya. Yu Shin senang sekali. Kim Yu shin berkata keturunan Gaya sudah menderita lama sekali dan Ratu perlu merangkul mereka. Ratu akan melakukannya. Ratu akan membuat UU untuk menghapus semua diskriminasi dan kecurigaan pada keturunan Gaya dan akan memberikan rakyat Gaya alat2 pertanian dan memberikan jabatan pada keturunan Gaya yang berbakat. Ratu berkata Wyol Ya dan Bo Gya Hoe sudah membantu banyak padanya dan ia tahu itu, tapi saat ini Bo Gya Hoe harus dibubarkan.

Karena dalam nama Bo Gya Hoe ada ancaman besar. Kim Yu shin mengerti dan ia akan membicarakan. Yu shin berkata bahwa keturunan Gaya akan mengabdi pada Silla demi kejayaan Silla dan minta agar Ratu tenang. (Yu SHin belum tanya pendapat Bo Gya Hoe..ck ck)

Ratu kelihatan ragu, Yu shin tanya apa ada yang mengganggu pikirannya. Ratu berkata, Wyol Ya mungkin punya pendapat lain. Yu shin ingat, dari semua yang mendukung Ratu, Wyol Ya setuju mendukung karena memiliki agenda sendiri. Kim Yu shin meyakinkan Ratu ia akan membujuk Wyol Ya untuk setuju dengan Ratu. Ratu minta Yu shin meneruskan usahanya atau jika tidak Wyol Ya akan berbalik dengan agendanya sendiri. Ratu berkata ia ingin semua bersatu untuk mencapai mimpi ini. Saat ini, hanya dia, Kim Yu shin dan sedikit orang saja yang memiliki mimpi ini, maka ia harus menjelaskan ini pada mereka.

Kim Yu shin mengatakan keputusan Ratu pada Wyol Ya. Wyol Ya setuju Bo Gya Hoe akan bergabung ke dalam militer Silla. Yu shin berkata, mereka harus berpikir diluar Gaya, dan memperluas mimpi mereka pada unifikasi 3 negara, dan membuat semua orang di Goguryeo, Baekje, Shilla, dan Gaya menjadi satu. Wyol Ya tanya apa dalam halaman sejarah unifikasi ini, nama Kim Yu shin akan tercatat di suatu tempat.(Tirza: iya..tercatat dengan jelas Om..) Yu shin tanya apa maksud Wyol Ya. Wyol Ya berkata Ratu sudah naik takhta, bukankah Yu shin seharusnya merencanakan langkah selanjutnya. Yu Shin berkata ia tidak pernah memiliki ambisi yang lain.

Wyol Ya berkata ia bukan berkata tentang ambisi yang lain, tapi jika Yu shin berniat mengadakan ikatan pernikahan dengan Ratu Seon Deok untuk melindungi Ratu dan Shilla. Yu Shin minta Wyol Ya berhenti, tapi Wyol Ya terus berkata bukankah ini akan menjelaskan Silla dan Gaya untuk memiliki satu cita2 dan kesatuan. Kim Yu shin dan Ratu tidak punya tujuan melakukan itu. Kim Yu shin ingin menyudahi omomng kosong ini, ia pergi.

Bi Dam heran apa maksud Ratu menjadi pedangnya? Ratu membenarkan, benar Bi Dam adalah pedangnya dan sebuah pedang yang tajam, Bi Dam harus menjadi orang itu yang membasmi korupsi dan penyimpangan dalam pemerintahan. Pedang seperti itu. (kaya KPK aza..)

Bi Dam teringat perkataan Moon Noh, bahwa ia pedang tanpa gagang pedang. Bi Dam tersenyum, jadi Ratu adalah gagang pedangnya. Bi Dam mengerti ia akan menjadi pedang untuk Ratu. Ratu berkata semua pembaharuan harus dilakukan tanpa gangguan. Bi Dam tanya apa kegiatan spekulasi pasar yang dimanipulasi oleh kaum bangsawan akan dihentikan dan menekan mereka, apa itu yang diinginkan Ratu. Ratu juga minta laporan domestik dan eksternal dan menggabungkan semuanya untuk dilaporkan padanya. Ratu berkata ini tanggung jawab Bi Dam. Bi Dam meyakinkan Ratu ia akan memberikan yang terbaik. Ratu berkata ia percaya kemampuan Bi Dam. Bi Dam tersenyum dan ia tanya siapa yang akan mengawasi dan memeriksa dirinya? Ratu berkata Bi Dam ada dibawah pengawasannya, Ratu akan bertanggung jawab mengatur Bi Dam. (yeah..yeah..)

Di pasar, semua pemilik tanah mulai membayar pajak pada istana, mereka berkata panennya tidak begitu baik, tapi mereka tetap sanggup membayar pajak dan hutang ke istana. Orang2 berkata mereka pasti para pemilik tanah dari benteng An Gang, pemilik tanah berkata jika mereka bisa membuat tanahnya menjadi tanah pertanian, maka tanah itu akan menjadi milik mereka dan hari ini ia secara resmi adalah pemilik tanah. Pemilik tanah yang lain berkata, tanah itu yang dulu tandus sekarang menjadi tanah pertanian yang subur. Mereka mendorong beras masuk ke istana.

Ho Jae mencatat stok beras saat Ratu datang, pemilik tanah berlutut dan memberi hormat pada Ratu. Ratu bertanya bagaimana perkembangannya. Ho Jae berkata pemilik tanah mengirim dari tanah tandus total 300 seom. Ratu melihat catatan dan ia menunjukkan ke Kim Yong Chun, Kim Yong Chun tanya siapa yang bernama Bong Gi. Bong Gi mengangkat tangannya, Ratu berkata Bong Gi sudah berhasil memperoleh hasil panen terbanyak dari tanah yang tandus itu. Bong Gi berkata ini berkat kemurahan Ratu yang memberikan alat pertanian yang bagus sehingga sangat efisien untuk pertanian mereka. Ratu mengangkat Bong Gi sebagai Gong Bong Gae Sa atau Administrator Pertanian dan Pengolahan Tanah untuk reklamasi tanah.

Bong Gi shock dengan pengangkatan itu. Ratu berkata pada para petani jika mereka berharap sesukses An Gang maka Ratu akan membuka tanah untuk mereka di seluruh negri dan mengijinkan rakyat bercocok tanan di tanah yang terbengkalai dan membuatnya menjadi tanah pertanian subur sehingga mereka akan memiliki tanah mereka sendiri. Bong Gi berterima kasih pada Ratu dengan tulus. Kim Yong Chun menambahkan hasil panen akan diserahkan pada Gong Bong Gae Sa untuk diaudit dan dicatat stoknya dan berharap para petani akan berusaha keras untuk mengusahakan tanahnya menjadi tanah pertanian subur dan akhirnya memiliki tanah. Semua petani mengucapkan terima kasih dan berdiri dan bersorak untuk Ratu, hidup Ratu..panjang umur Ratu. Ratu senang karena reformasi tanahnya sukses.

Beberapa tahun kemudian...

Satu grup penunggang kuda memasuki kota, salah satu pengendaranya adalah Kim Chun Chu (wah dah bisa naik kuda doi...). Kim Chun Chu memberi salam pada Ratu. Ratu dan Kim Yong Chun tanya bagaimana hasilnya. Kim Chun Chu berkata ini adalah kemenangan, Ratu pasti senang mendengarnya. Kim Chun Chu lapor bahwa Sang Jang Gun Kim Yu Shin berhasil mengalahkan pasukan Jenderal Chil Gyeong dari Baekje. (Sang JAng Gun= Komandan Utama, Jenderal Utama, atau Panglima Utama satu tingkat di atas Jenderal)

Kim Seo Hyun dan Kim Yong Chun memberi selamat pada Ratu. Ratu tanya bagaimana Kim Chun Chu dapat tiba sebelum pembawa pesan. Joo Bang berbisik pada Ratu bahwa..

Joo Bang : Pangeran Chun Chu, akhir2 ini menikmati menunggang kuda.

Ratu tersenyum dan senang dengan kemajuan keponakannya. Kim Chun Chu berkata Kim Yu shin dan pasukannya sekarang memasuki Seorabeol.

Go Do masuk dia berteriak berikan jalan !! Penduduk berkumpul disisi jalan dan bersorak sorai. Semua sudah menua. Kim Yu shin dan Wyol Ya berkuda beriringan. Wyol Ya berkata popularitas Kim Yu shin meningkat akhir2 ini. Kim Yu shin berkata kebanggaan seorang militer adalah di medan perang saat bertempur dan bukan parade di pasar, tapi Yu shin tanya mengapa ia tidak melihat Daedaegam (Komandan) Seo Ji. Seo Ji seharusnya yang pertama menemui mereka. Wyol Ya berkata Seo Ji tidak ikut, mungkin ia bersembunyi karena kecewa.

Sebenarnya Seo Ji dibawa dan ditahan di Sa Ryeong Bu, Seo Ji berteriak apa ada yang mendengarnya. (Sa Ryeong Bu kantor Auditor Umum)

Bi Dam dan Yeom Jong bertemu dengan pasukan mereka. San Tak pemimpinnya. Bo Jong berlari mendatangi Bi Dam dan memberikan dokumen. Bi Dam mengambilnya dan membaca isinya. Bo Jong menjelaskan ini adalah catatan duta dari Heuk Chi (Filipina) dan Menteri Luar Negeri mengenai kegiatan mereka dan pergerakan di setiap tempat yang dikunjungi dan orang2 yang ditemui.

Bi Dam tanya bagaimana dengan bangsawan Suelbu. Bo Jong berkata ada surat panggilan pemeriksaan tapi bagaimanapun ia masih anggota dewan, akan lebih pantas kalau Bi Dam yang memeriksanya sendiri. Bi Dam setuju dan akan segera kesana. Bangsawab Suelbu terlihat gelisah di kantor Kementrian Audit. Bi Dam datang dan menunjukkan 2 jurnal akuntansi dan Sueulbu kaget. Bi Dam berkata mereka menemukan 2 laporan keuangan yang berbeda satu sama lain dari Sang Sa Su atau bagian akunting tentang pengeluaran di Kementrian Jasa.

Bangsawan Sueulbu menyangkal, ia tidak tahu sebelumnya. Bangsawan Sueulbu berkata susah menghitung korban perang dan ada kekacauan dalam mencatat jasa dan penghargaan atas korban yang meninggal. Bi Dam berkata paling tidak ia bisa pergi ke lokasi pertempuran dan menggali sekitar kuburan untuk verifikasi agar pencatatannya akurat. Siapa yang menjalankan tugas ini, apa Kementrian Jasa menggelapkan uang negara. Bangsawan Sueulbu berkata tidak pernah ada hal seperti itu.

Bi Dam berkata orang yang meninggal dalam perang demi negara harus dihargai dengan kompensasi karena pengorbanannya untuk negara dan dengan cara itu prajurit akan setia pada negara yang ia bela. Bi Dam berkata bahwa reformasi harus dimulai dari atas ke bawah dan bantuan harus mulai dari bawah ke atas. Ini yang diinginkan Ratu. Bi Dam tanya apa Bangsawan Sueulbu jelas dengan masalah ini. Bangsawan Sueulbu mengerti.

Bi Dam rapat dengan staf Auditornya. Seol Won Rang lapor bahwa mereka sudah melaporkan pembangunan proyek 2 kuil baru di Gameunsa (terletak di Gyeongju, Gyeongsangbukdo) dan Bong Deok Sa (kota An Seong di Gyeonggi). Mereka sudah menempatkan petugas untuk mengawasi proyek itu.

Gameunsa Temple

Bi Dam minta kedua petugas itu untuk lapor penggunaan material konstruksi. Seol Won Rang mengerti. Bi Dam tanya tentang merpati pos dari Goguryeo, apa sudah tiba.

Yeom Jong berkata sudah, situasi di Goguryeo tidak seperti biasanya. Ada seorang Jenderal Daedaero yang mengadakan pemberontakan. Bi Dam minta penyelidikan mendalam mengenai masalah itu.

Bi Dam tanya apa Seo Ji sudah mengakui sesuatu. Bo Jong berkata dia menolak berbicara. Seol Won tanya bukankah hari ini Kim Yu SHin sudah kembali dari perang, ia akan segera mengetahui hal ini. Yeom Jong berkata mereka masih belum menemukan bukti dan ini baru kecurigaan. Bi Dam tanya dimana Kim Yu shin sekarang. Ia ingin pergi dan memberikan selamat padanya. Yeom Jong berkata Ratu sedang mengadakan jamuan besar untuk menghormati kemenangannya, Bi Dam juga seharusnya hadir. Yeom JOng (iih..nyebelin bgt nih orang..) menambahkan saat Kim YU Shin masuk ke ibukota, rakyat bersorak dan menyambut pasukan Kim Yu Shin. Bi Dam mengulang pasukan Kim Yu Shin apa, bagaimana dalam Silla ada pasukan Kim Yu Shin, hanya ada pasukan Ratu Seon Deok. Bi Dam melemparkan kipasnya dan pergi.

Bi Dam dan Yeom Jong bertemu Yu shin, mereka saling memberi salam. Bi Dam memberi salamat atas kemenangan Yu Hsin dan memeluknya dan berkata ia pasti mengalami masa sulit. Kim Yu shin berkata sebaliknya Bi Dam punya tugas paling berat dalam mengurus administrasi negara. Bi Dam mengatakan itu bukan apa2 dan tidak bisa dibanding dengan Kim Yu shin, aku hanya bekerja di balik layar. Bi Dam berkata Kim Yu shin meledeknya. Kim Yu Shin tertawa bagaimana ia dapat melakukan itu.

Bi Dam tanya bagaimana situasi pasukan Baekje yang dipimpin Yoon Chung. Yu shin menghela nafas ia benar2 ahli strategi yang terkenal. perang dengan Baekje tidak bisa dipandang rendah. Bi Dam tanya apa Yu Shin sudah menghadap Ratu. Yu Shin berkata ia akan menemui Ratu sekarang dan tanya apa Bi Dam juga akan menemui Ratu. Bi Dam membenarkan, setelah beberapa saat ia akan menyiapkan jamuan minum untuk merayakan kemenangan Kim Yu Shin dan akan bertemu nanti. Kim Yu shin mengiyakan. Kim Yu Shin dan rombongannya pergi. Hubungan Bi Dam dan Yu shin mulai memanas.

Bi Dam lapor pada Ratu bahwa sakit Raja Buyeo jang dari Baekje lebih serius dari yang mereka duga. Putra Mahkota Uija akan menggantikannya naik takhta. Ratu berkata Yu Shin juga memiliki perhatian pada masalah itu. Ratu berkata mereka harus membuat perencanaan strategis dengan logistik militer untuk meningkatkan keamanan perbatasan dan harus dilaporkan padanya. Bi Dam menerima perintah Ratu. Bi Dam berkata ia akan berdiskusi mengenai pemeriksaan audit. Bi Dam berkata ada kemungkinan besar, bahwa bangsawan Sueulbu, bangsawan Jwa Yeon dan Yi Chan Su Mun menyelewengkan dana negara. Ratu tanya apa ada bukti. Bi Dam berkata tidak ada yang mendukung fakta tapi ia sudah memberi peringatan sehingga akan menekan mereka. Ratu berkata lepaskan saja jika hanya 10% dari gaji tahunan mereka, tapi jika itu diatas 10%, tangkap mereka. (weh..enak yah..bisa korupsi dengan batas 10% dari gaji tahunan, ayo..hitung 2x hehe) Bi Dam mengerti, selanjutnya kata Bi Dam ada sesuatu yang ia tidak mengerti apa yang harus dilakukan...Ratu berpikir keras.

Kim Yu Shin merayakan kemenangannya dengan orang2nya. Mereka bercerita tentang insiden Go do di peperangan, saat batu2 jatuh dari tebing di gunung Yeong Jong..dan Go Do menghentikan mereka semua seperti perisai manusia. Jika bukan karena Go Do, mereka semua sudah mati. Kim Yu Shin toast untuk keberanian Komandan Go Do. Go Do senang sekali. Kim Yu Shin berkata tidak peduli waktu berlalu, ia masih heran betapa cepatnya seseorang berubah. Joo Bang berkata itu terjadi di hari yang menentukan itu, semua berubah. Yu Shin menerima kedatangan Joo Bang dan SAn TAk. Joo Bang memberi salam dan selamat pada Yu Shin. Yu shin berkata mereka tidak perlu begitu. Dae Pung memberikan kursi pada Joo Bang atau Dae Sa Joo Bang, pejabat ranking 3 (ciee..)

San Tak tanya mengapa hanya Joo Bang yang dapat kursi, bagaimana dengannya. Ia juga petugas kementrian audit. Guk San heun berkata apa artinya petugas kecil dari bagian audit..apalah. San Tak menjelaskan tugas penting departemennya. Biarpun ia paling bawah, tapi ia tidak boleh diremehkan. San Tak minta Go do memberi salam dengan resmi. Go Do tanya apa Komandan di militer perlu memberi salam pada petugas audit. san tak tanya mengapa Go do seperti itu. Joo Bang berkata ini karena hari itu.

Hari apa tanya Dae Pung, Joo Bang tanya dengan hormat pada GoDo, siapa orang yang sudah "membangunkan" kesadaran Go Do, bukankah saat ia berhasil membantu Ratu keluar dari istana dengan batang kayu dan siapa gerangan orang itu. Go Do coba mengubah pembicaraan dan menawarkan minum. Joo Bang tertawa. Kim Yu shin tanya mengapa Wyol Ya tidak kelihatan. Guk San heun berkata Wyol Ya tidak berhasil menemukan Seo ji maka ia mencarinya. Kim Yu shin minum araknya.

Ratu dan Bi Dam. Ratu tanya apa Bi Dam curiga dengan Kim Yu shin. Bi Dam berkata kecuali Ratu, ia mencurigai semua orang (akhirnya u curiga ama Ratu juga kan..) dan ia juga memeriksa dirinya sendiri bukankah ini tugasnya. Bi Dam mohon Ratu memeriksanya. Ratu berkata jika masalah sudah sesensitif ini, Bi Dam harus sangat hati2. Bi Dam meyakinkan ia sudah memeriksa dengan hati2 jika ia mencurigai seseorang. Ratu berkata harus ada bukti yang jelas. Bi Dam berkata sekarang ia masih belum memilikinya. Ratu berkata jika demikian ia juga belum bisa memberikan perintah tapi Bi Dam dapat terus memeriksanya.

Mi saeng minta Ha Jong jangan minum lagi. Ha Jong berkata Mi Saeng tenang sekali, ya pasti Mi saeng tenang karena jabatannya tidak digusur. Mi saeng tanya apa ia kelihatan seperti senang dan menikmati ini, ini karena ia memiliki lebih dari 100 anak yang memaksanya bertahan, mereka semua bergantung padanya.

Ha jong berkata hari ini adalah peringatan kematian ayahnya (OMG, Se Jong meninggal?), bahkan jika kita tetap hidup, kita perlu minum untuk mengusir kesedihan. Ha Jong menangis, bagaimana mereka bisa seperti ini. ha Jong berkata ini benar2 penderitaan. Ha Jong minta pamannya berpikir biarpun pamannya malas mendengarnya, Ha Jong mengeluh ia yang paling tua, ia jauh lebih tua dari Bi Dam dan Bo Jong.

Mi Saeng berkata ada pepatah, bunga akan mekar dalam 10 hari, berarti betapa megahnya bunga akan mengalami proses pemekaran dan akan layu dalam waktu singkat. Ha jong mengeluh, saudara2nya tidak sebanding dengannya. bahkan Kim Yu shin sekarang Jenderal Utama, dan sangat populer. Mi saeng memberikan minum untuk membungkam Ha jong.

Bi Dam mengumpulkan pasukannya, ia memberi perintah untuk menahan mereka semua malam ini dan setiap orang diberikan tugas oleh Bi Dam. Yeom Jong membagikan tanda pada mereka. Bo Jong atas nama Kementrian Audit minta beberapa orang mengikutinya ke kantor Audit. Bo Jong lewat dekat beberapa kapten Hwarang. Baek Eui tanya bukankah itu Bo jong, Phil Dan membenarkan. Apa yang dilakukan kementrian audit di malam seperti ini. Baek Eui berkata sekarang Kementrian Audit seperti penjahat saja. Bi Dam melanggar kebaikan Ratu Seon Deok. Phil Dam berkata lebih baik mereka diam saja dulu, itu adalah pilihan bijaksana saat ini.

Pasukan Yu shin latihan di malam hari, saat anggota audit membawa seorang tentara. Yu shin mendapat laporan bahwa seo ji ditahan oleh kementrian Audit. Dae Pung berkata mereka tidak tahu alasannya. Go Do berkata jika auditor ingin menahan seseorang apa mereka perlu menyatakan alasannya. Guk San heun membenarkan, mereka arogan sekali, menunjukkan tanda pengenal dan kau ditangkap. Yu shin menghentikan ocehan mereka, auditor bertanggung jawab dibawah kebijakan dan perintah Ratu. Jika orang itu tidak bersalah, maka ia akan segera dibebaskan. Yu shin menenangkan anak buahnya.

Anak buah Al cheon mohon agar Yu shin berbicara dengan Menteri Audit. Go do membenarkan Kim Yu Shin perlu berbicara pribadi dengan Bi Dam. Dae Pung berkata Menteri Audit akhir2 ini tindakannya tidak begitu jelas dengan mereka. Semua setuju. Letnan Chan Gi masuk dan tanya dia ketinggalan berita apa, mereka berkata Seo ji ditangkan menteri Audit. Chan Gi kaget. Kim Yu shin tanya apa Chan Gi tahu sesuatu. Chan Gi berkata bukan apa2 dan ini pasti hanya kesalah pahaman saja. Chan Gi pergi, tapi ia ditahan oleh petugas auditor.

Yeom jong menunggu petugasnya membawa orang2 yang dicurigai. yeom jong berkata mereka sedang diselidiki, jika terbukti tidak bersalah akan dilepaskan. Jadi harap bekerja sama. Mereka diseret ke ruangan terpisah.

Kim Yu shin menemui Bi Dam dan tanya apa Bi Dam tidak tahu karakter Seo ji. Apa salah seo ji sehingga ia ditahan. Bi Dam minta maaf ini adalah urusan kementrian audit. Dan ia hanya bertanggung jawab pada Ratu. Ia tidak akan berkata apapun pada siapapun. Tapi Bi Dam meyakinkan Yu shin Ia tidak akan membiarkan orang tidak bersalah dihukum. Kim Yu shin tahu itu. Bi Dam berkata jika situasinya tidak seperti yang diharapkan auditor tidak akan menahan orang2. Setelah mereka yakin tidak bersalah, maka mereka akan dilepaskan.

Kim Yu shin berkata ia hampir saja membiarkan perasaan pribadinya menutupi penilaiannya, karena seo ji anak buahnya maka ia sangat cemas. Yu shin minta Bi dam mengerti. Bi Dam tersenyum ia juga sering dituduh sengaja menangkap orang tapi apa yang bisa ia lakukan, ini panggilan tugas. Kim Yu shin berkata ini hanya kegelisahan yang berlebihan dan minta Bi Dam meneruskan saja tugasnya dan Kim Yu shin pergi. Kim Yu shin tidak terlalu yakin.

Al Cheon melihat yu shin. Yu shin tanya apa Al cheon nyaman sebagai Kepala pengawal Istana. Al cheon berkata tugasnya ini membuat lesu dan tidak ada yang menyenangkan dan waktu berlalu seperti tertatih tatih. Kim Yu shin berkata itu terdengar seperti rintihan Al Cheon, kau pasti sangat merindukan medan perang dan berharap Al cheon bisa kembali bersama mereka. Al Cheon berkata saat Yu shin menjaga perbatasan karena ancaman Baekje, ia hanya menjaga keamanan ibukota ini tidak menyenangkan. Yu shin berkata keluhan Al cheon akan membuat Ratu ekstra hati2. Al cheon mendiamkan Yu shin dan Kim Yu shin berkata ia hanya bercanda dan pergi.

Yeom jong lapor pada Bi Dam, semua tersangka sudah ditahan dan menunggu ditanyai. Bi Dam tanya apa salah satu dari mereka dikurung. Yeom Jong membenarkan dan heran apa yang Bi Dam lukis. Bi Dam berkata ini sudah lama sekali sejak ia menggunakan huruf ini, sekarang otaknya sudah kabur. (BD mirip maminya, kalo lagi berpikir pasti corat coret, bisa melukis, atau menulis). Bi Dam sedang menulis menggunakan huruf Cina kuno, salah satu yang tertua dalam bahasa Cina.

Bi Dam berkata ini sudah selesai dan tanya Yeom Jong seperti apa ini. Yeom Jong melihatnya dan berkata itu seperti sandi rahasia. Bi Dam membenarkan dan ini adalah sandi yang sering digunakan orang2 Gaya untuk menyampaikan pesan. Yeom Jong tanya bagaimana Bi Dam bisa mengetahuinya. Bi Dam berkata ia sering memakainya. yeom Jong kaget.

(Bi Dam tahu dari Moon Noh, Moon Noh lahir th 538 adalah anak Putri Mun Hwa dari kerajaan Dae Gaya - Hwarang Segi)

Bi Dam ingat saat ia menangkap anak buah Bo Gya Hoe. Bi Dam berkata : Permainan dimulai. (persis maminya..)

Bi Dam memeriksa seorang prajurit yang dicurigai Jong Geum. Bi Dam meletakkan surat rahasia yang dibuatnya sendiri didepan Jong Geum dan tanya apa ia kenal orang yang bernama Chan Gi. Jong Geum tidak yakin. Bi Dam berkata dalam organisasi mereka, mereka tidak saling kenal? Jong Geum tanya mengapa ia ditanyai. Bi Dam berkata surat ini ditulis oleh Chan Gi (astaga..BD bertobat seblm terlambat..sigh, kaya kerasukan dia..). Jong Geum melihatnya dan tanya apa isinya. Bi Dam tersenyum, Jong Geum pasti tahu bagaimana membacanya. Bi Dam minta Jong Geum membacanya. Di kamar sebelah, Chan Gi tidak tahu apa yang terjadi di sebelahnya, padahal ia menempelkan telinganya mencoba mendengar, ia frustasi.

Bi Dam masuk ke ruangan Chan Gi dan berkata bahwa Jong Geum sudah mengakui semua. Bi Dam mengulang pemeriksaannya, ia berkata dalam organisasi mereka, mereka tidak saling mengenal. Bi Dam memperlihatkan surat yang dibuatnya, dan berkata ini ditulis oleh Jong geum. Sepertinya semua sudah berakhir dan minta Chan Gi mengakui. Letnan Chan Gi berkata ia tidak mengerti apa maksud Bi Dam. Bi Dam mengambil catatan itu dan berkata bahwa Jong Geum sudah mengaku, tulisan itu menyebut : Ga Ya Il Chon, artinya Ga Ya bersatu.

Bi Dam berkata Ga Ya adalah satu bidang.

Ratu memuji Kim Yu shin karena keberaniannya. Semua memuji keberhasilan dan kehebatan Kim Yu shin dan pasukannya. Yu shin berkata ini adalah dukungan semua pasukannya yang menjadi tulang punggung dan menyumbangkan percepatan pada hasilnya. Kim Yu shin berkata sejujurnya tidak ada yang hebat dari dirinya. Ratu mengerti semua sudah mengalami perubahan besar, terutama Go Do Hyungnim yang menjadi seperti sekarang, benar2 tidak dapat dibayangkan. Kim Yu shin membenarkan Go Do selalu membuatnya terkejut. Dalam pertempuran, kontribusi Go Do sangat besar. Ratu tersenyum dan ia menyebut Wyol Ya dan Seo Ji. Kim Yu Shin berkata mereka siap untuk memimpin pasukan ke medan perang dan memimpin pasukan mereka sendiri. Kim Yu shin berkata mereka adalah calon Komandan Utama di masa mendatang.

Ratu ragu2, Kim Yu shin terlalu percaya pada mereka. Kim Yu shin setuju jika ia tidak dapat percaya penuh pada anak buahnya, bagaimana ia dapat mempercayakan nyawanya pada mereka. Ratu tanya apa benar demikian. Yu Shin tanya apa Ratu tidak setuju dengan hal ini. Ratu berkata bagaimana bisa demikian,

Ratu : Aku, Deok Man memiliki rasa percaya besar pada bangsawan Yu Shin.

Jong Geum ditempatkan dengan tersangka lain yang tanya apa ia..Jong Geum meminta orang itu diam. Jong geum membuat tanda Yuk Ran Gwi, Jong geum mengangguk dan tersangka itu tanya apa yang sebenarnya terjadi. Yuk Ran Gwi adalah simbol kerajaan Gaya.

Jong geum tanya pada orang itu, dari cabang Bo Gya hoe mana ia berasal, Orang itu menjawab dari Pasar Timur. Ia tidak mengerti apa yang terjadi. Jong Geum berkata mereka harus memberi tanda anggota lainnya mengenai masalah mereka. Orang itu berkata salah satu dari mereka harus melarikan diri. Ia punya ide dan tanya apa akan berhasil. Jong Geum setelah mendengarnya berkata ini bisa dicoba.

Lalu Jong Geum berkata pada penjaga sudah selesai dan minta pintunya di buka. Tersangka itu kaget krn ditipu, ia semakin kaget saat melihat Bi Dam dan Yeom Jong memuji Jong Geum ia sudah bekerja dengan baik. Jong Geum adalah mata2. Bi Dam berhadapan dengan orang itu bukankah ia sudah berkata sebelumnya ia tidak tahu apa2, dan berkata : Mari kita mulai lagi dari awal dan mulai menanyainya.

Kim Yu shin pergi setelah bertemu Ratu, Ratu memandang Yu Shin dari jauh dengan Al Cheon disampingnya. Al Cheon berkata Kim Yu Shin adalah seseorang yang patut dipercaya dan Yu Shin sudah sangat matang dan pasukannya adalah inti negri ini. Setiap kali Al Cheon ingat pertempuran di benteng Ah Mak, ia tahu waktu sangat berpengaruh pada seseorang.

Ratu berkata pada Al Cheon, ia akan pergi ke kementrian Audit. Al Cheon heran, Ratu seharusnya istirahat di kediamannya dan tanya apa alasan Ratu. Ratu berkata ia harus bertemu Bi Dam. Sementara itu Bi Dam selesai dengan investigasinya. Yeom Jong tanya bagaimana mereka akan menyelesaikan ini. Bi Dam berkata ia akan menemui Ratu dan pergi. (masih sehati juga..)

Kim seo Hyun berdiskusi dengan keluarganya. Bi Dam dan kementrian Auditnya sekarang menjadi pembicaraan di seluruh kota karena gosip miring dan rumor. Kim Yu Shin berkata memang sejak awal Ratu menempatkan Bi Dam dalam Kementrian Audit untuk menggunakan sumber daya anak buah Mi Shil menjadi lebih efisien dan juga sebagai alat memonitor mereka. Kim Seo Hyun tanya apa benar berhasil menekan mereka atau justru mereka menjadi pihak Bi Dam. Kim Yu shin berkata cara2 mereka mungkin akan membangkitkan salah paham publik. Kim Yu shin meyakinkan orangtuanya, bahwa Bi Dam tidak punya motif jahat.

Lalu Go Do datang. Yu shin heran mengapa Go Do datang malam2. Go Do, Dae Pung, dan Guk San Heun memberi hormat dan terlihat cemas. Go Do lapor bahwa Letnan Chan Gi sudah ditahan Menteri Audit.

Kim Yu shin kaget. Guk San Heun berkata Chan Gi baru saja tiba dari medan perang, ini benar2 tidak adil. Go Do berkata kementrian audit terlalu berani. Dae Pung berkata Kim Yu Shin harus bertindak. Guk San Heun berkata bukan dari kementrian pertahanan saja, tapi Kementrian Tarif dan Pajak, Dapur Istana, Gubernur Administrasi..mereka sudah menahan banyak orang. Kim Seo Hyun berkata ia akan mengadakan sidang dan memeriksa lebih detil lagi.

Wyol Ya mendapat laporan bahwa Chan Gi, Jong Geum, Ilju, Do Geon, Yong Ha sudah ditangkap oleh Kementrian Audit. Wyol YA tanya apa kesalahan mereka. Pelapor itu tidak tahu, tapi mereka yang ditangkap sepertinya..Wyol Ya tanya apa karena itu Seo Ji ditangkap, ia pikir hanya kesalahan. Pelapor membenarkan tapi sekarang situasinya menjadi ke arah ini, tidak tahu apa akan menemukan sesuatu. Wyol Ya mengerti dan minta orang itu ekstra hati2. Wyol Ya berjalan dan tiba2 ia disergap oleh petugas audit. Yeom Jong muncul.

Para kapten Hwa Rang mengeluh pada Yu Shin dan Yu Shin tanya apa ini mengenai Menteri Audit. Deok Chung membenarkan dan berkata Bi Dam menyalah gunakan kekuasaannya dan sekarang benar2 melampaui batas. Bi Dam mungkin melakukan ini untuk menekan pengaruh Kim Yu shin yang meningkat. Deok Chung berkata Ratu harus mengerti situasi ini dan tanya apa Kim Yu Shin sudah memberitahu Ratu mengenai masalah ini. Im Jong membenarkan sebelum semuanya jadi tidak terkendali mereka harus menghentikannya.

Kim Yu shin akan menemui Ratu, saat ia melihat Wyol Ya dikelilingi Yeom Jong dan petugas audit. Wyol Ya terlihat marah. yeom Jong memperlihatkan tanda pengenal dan tanya apa Wyol Ya menolak ikut ke kementrian audit. Wyol Ya marah, ia adalah Hwa Jang Gun dalam kementrian pertahanan jika Yeom Jong mau menangkapnya lalu minta Jenderal Auditor yang menangkapnya sendiri. Yeom Jong minta Wyol Ya mengikuti instruksinya. (Hwa Jang Gun = BrigJen)

Kim Yu shin muncul dan tanya apa yang terjadi. Wyol Ya memberi salam pada Yu Shin. Yeom Jong berkata mereka punya surat penahanan yang dikeluarkan Bi Dam untuk membawa Wyol Ya ke kementrian Audit untuk diperiksa. Kim Yu shin tanya kejahatan yang dilakukan Wyol Ya. Yeom Jong berkata ia tidak berhak mengatakannya. Wyol Ya komplain, bagaimana ini bisa terjadi. Yeom Jong berkata ini adalah hukum dan jika Wyol Ya menolak maka ia harus berhadapan dengan Ratu. Yeom Jong berkata bahwa kementrian audit tidak pernah menangkap orang yang tidak bersalah, dan meyakinkan mereka jika dalam pemeriksaan nanti mereka terbukti tidak bersalah maka mereka akan dilepas.

Joo Bang berkata pada Kim Chun Chu bahwa kementrian audit mulai menangkapi orang2. Suasana di istana sangat kacau apalagi karena banyak yang ditangkap dari kementrian pertahanan. Joo Bang berkata bahwa insiden ini membuat kedua departemen bersitegang. Kim Chun Chu berkata mereka tidak tahu sumbernya , tapi tanpa ijin Ratu, Kementrian Audit tidak akan melakukan ini.

Kim Chun Chu berkata bahwa kementrian audit tidak akan keluar dari batas tanggung jawabnya dan Kim Yu shin akan menghadapi situasi yang sama. Masalahnya jika kedua belah pihak tidak menemukan kesalahan, mengapa mereka menciptakan atmosfir yang seperti ini. Joo Bang tanya apa alasan Ratu menyetujui ini. Kim Chun Chu tanya Bi Dam dan Kim Yu shin, siapa yang akan lebih dipercaya Ratu?

Yeom Jong mengawal Wyol Ya. Go do dan Im Jong menghadang mereka, Yeom Jong memanggil bantuan. Yeom jong tanya apa Im Jong akan mencampuri urusan kementrian audit. Im Jong tanya apa alasan mereka menangkap Wyol Ya. Kemarin Seo ji, sekarang Wyol YA. Apa yang mereka rencanakan. Go Do berteriak minta penjelasan dari Yeom Jong apa kesalahan teman mereka. Go Do skr Komandan jadi sama dengan Yeom Jong. Yeom Jong berteriak balik ke Go Do dan Go Do akan memukul Yeom jong. Kim Yu Shin datang dan melerai mereka dan minta mereka pergi. Im Jong berkeras tapi Yu shin meyakinkan mereka ia akan berbicara dengan Bi Dam. Salah jika mereka turun tangan. Im Jong dan Go Do patuh dan pergi.

Kim Yu SHin bertemu Bi Dam. Yu Shin berkata atmosfir di istana benar2 kacau, banyak keluhan melawan Bi Dam dan kementriannya. Apa Bi Dam mengerti. Bi Dam berkata bahwa pengawasan dan audit metode ini selalu menciptakan dan secara alamiah menyebabkan rasa tidak nyaman diantara orang2. Kim Yu Shin tanya apa kesalahan Wyol Ya. Bi Dam berkata tidak peduli kantor mana atau prestasinya, dia sudah mengurus masalah dengan benar dan adil. Bi Dam tidak akan menggunakan hubungan pertemanan untuk melakukan yang sebaliknya, yaitu mengampuni kementrian pertahanan. Kim Yu shin berkata mereka prajurit yang baru saja kembali dari medan perang dan apa Bi Dam sudah mempertimbangkan ini untuk moral pasukan ?

Bi Dam tanya moral pasukan atau bukannya moral pasukan Kim Yu shin? Bi Dam berkata ia bertindak di bawah perintah Ratu. Jika Yu Shin ragu katakan saja pada Ratu dan tanyakan secara pribadi untuk menyingkirkan keraguanmu.

Ratu sedang merenung. Al Cheon datang dan berkata Yu Shin mohon ingin bertemu. Ratu mengijinkan Yu Shin masuk. Kau datang, kata Ratu. Yu shin minta maaf tapi Wyol Ya ditahan oleh menteri Audit. Menteri Audit berkata ia bertindak atas perintah Ratu. Kim Yu Shin tanya mengapa Wyol Ya pantas ditangkap dan atas tuduhan apa. Kim Yu Shin tanya jika anak buahnya terlibat kesalahan maka secara alamiah dia harus bertanggung jawab. Kim Yu shin tanya apa tuduhan yang dikenakan pada Wyol Ya. Wyol Ya adalah pejabat tinggi dalam tentara Silla yang baru saja pulang dari medan perang.

Ratu : Wyol Ya..kau harus menyingkirkan dia..tidak..kau perlu..menyingkirkan Gaya..
Kim Yu shin kaget dan Al Cheon melihat ke arah Yu Shin.
Kim Yu Shin : Yang Mulia, apa maksud anda?
Ratu berdiri dan melihat ke arah Yu Shin. Bangsawan Yu Shin, Aku sudah menurunkan perintah dan meresmikan hukum yang melanggar kecurigaan dan diskriminasi terhadap keturunan rakyat Gaya dan memberikan keturunan GAya banyak kebaikan untuk menduduki posisi penting di administrasi dan penugasan dan kemudian mengembalikan mereka ke tanah mereka sebelumnya dan meringankan pajak karena mereka dulu sudah banyak menderita agar mereka dapat hidup lebih baik...Apa kau tidak menyadarinya?

Kim Yu Shin : Saya sadar betul. Tapi..untuk apa Anda menyebut ini..
Ratu: Mengapa..Bo Gya Hoe masih melakukan aktivitas di bawah tanah ?

Kim Yu Shin kaget.

Ratu : Apa kau mengaku bahwa mereka sudah tidak aktif dan diserap masuk ke dalam kementrian pertahanan.
Kim Yu Shin : Lalu orang2 yang sudah ditangkap semalam oleh auditor ?
Ratu : YA, mereka semua anggota Bo Gya Hoe, ditanam sebagai mata2. Pemimpin organisasi itu bukan lain adalah Wyol Ya. Yu Shin : Yang Mulia!

Ratu : Bangsawan Yu Shin..Gaya..kau harus..harap tinggalkan.

Sekutu Mi shil menganalisa situasi. Ha Jong tanya jika Yu shin meninggalkan Gaya lalu apa. Seol WOn Rang menebak Yu Shin tidak akan pernah mampu meninggalkan Gaya. Mi saeng berkata Kim yu Shin sudah sejauh ini karena berpegang pada Gaya dan sebaliknya jika minta ia membuang GAya atau membiarkan Wyol Ya ditahan dan tidak melakukan apapun, melihat karakter Yu Shin, ia pasti melakukan sebaliknya.

Seol Won membenarkan, Gaya dulu adalah pendukung Yu shin, sekarang pendukung itu menyerang balik. Seol Won berkata untuk orang2 yang sudah menderita begitu lama dan kemudian diperlakukan sebaliknya akan membuat keresahan diantara mereka, mereka akan merasa tidak aman. Tapi untuk membubarkan mereka juga bukan hal mudah.

Ha Jong berkata Bi Dam benar2 orang yang menakutkan. Bo Gya Hoe akan dilihat sebagai ancaman bagi keamanan nasional, jadi akan membenarkan tindakannya dalam masalah ini, jadi ia bisa menyerang Kim Yu Shin. Ha Jong berkata bahwa Bi Dam mulai berubah seperti seseorang, orang yang sangat ia rindukan. Seol Won Rang berkata ia juga melihat kemiripannya. Mi saeng berkata pada Seol Won apa strategi ini akan berhasil. Seol won Rang berkata bahwa Bi Dam mengurus masalah ini dan bermain dengan anggapan bahwa Kim Yu shin tidak akan pernah meninggalkan Gaya. Kemudian mereka hanya tinggal melihat bagaimana reaksi Kim Yu Shin. Mereka hanya perlu menunggu dan melihat.

Ratu dan Yu Shin.

Ratu : Apa kau sudah jelas ? Bangsawan Yu Shin ?
Kim Yu shin berlutut di depan Ratu. Al Cheon : Sangjanggun !

Yu shin : Yang Mulia..jika ini benar, maka Wyol Ya sudah terlibat kejahatan besar tapi..sejak lama keturunan Gaya sudah menderita dan ditekan dan diperlakukan dengan kecurigaan dan diskriminasi, inilah mengapa dia sangat gelisah dan resah yang membuat ini terjadi dan ia tidak akan punya niat yang lain.

Ratu melihat ke arah Yu Shin. Yu Shin : Yang Mulia..Yang Mulia..hamba dengan berani memohon pada anda..rakyat gaya.. Ratu marah

Ratu : Rakyat Gaya!!!..dalam dunia ini sekarang dimana ada rakyat Gaya yang kau maksudkan..Semua hanya bisa menjadi rakyat Silla..rakyatku.

Kim Yu Shin kaget, Yang Mulia.. Yang Mulia!

Ratu : Bi Dam!!

Bi Dam : Ya dan ia mendekat. Ya Yang Mulia memanggil hamba ?

Ratu : Bagaimana perkembangannya ?

Bi Dam : Kami sudah menemukan Bo Gya Hoe yang baru dan pemimpin mereka adalah Wyol Ya. Mereka sudah menyatakan diri mereka dan kami sedang menangkap mata-mata Bo Gya Hoe dari setiap departemen.

Bi Dam melihat ke arah Kim Yu shin yang sedang berlutut.

Bi Dam : Yang Mulia..Jenderal Auditor ingin mengajukan permohonan..jika Wyol Ya adalah pemimpin Bo Gya Hoe..maka sudah wajar jika kami harus memeriksa hubungan Sangjanggun Kim Yu shin dengannya untuk menemukan kebenaran.

Kim Yu shin melihat ke arah Bi Dam dan Bi Dam senyum. (arrgh..ini anak..)

Bi Dam : Harap yang Mulia menurunkan perintah anda untuk penyelidikan kami berkaitan dengan Sangjanggun.

Ratu Seon Deok dipaksa untuk mengambil keputusan.

No comments:

Post a Comment