Monday, July 18, 2011

Sinopsis The Great Queen Seon Deok Episode 28


Raja Jinpyeong datang dan melihat Bi Dam. Mi shil berkata ia memeriksa pria ini karena kurang ajar dengan Keluarga Raja dan mengganggu ketertiban. Raja memerintah Mi Shil melanjutkan penyelidikannya.

Seol Won Rang meneruskan, Bi Dam menyebabkan kekacauan publik dengan tipuannya dan mempengaruhi peikiran rakyat, Seol Won bertanya apa tujuan Bi Dam. Bi Dam berkata ia disini untuk menyatakan kehendak langit dan tidak bermaksud menipu. Seol won tidak mau menerimanya dan berkata siapa dalang dibalik semua ini. Bi Dam berkata ini kehendak langit. Bi Dam berkata ia menerima wahyu saat meditasi.

Bi Dam berkata kehendak langit akan muncul di sumur Najeong dan dia harus melaksanakannya.

Mi Shil tiba2 menyadari bahwa kata2 Bi Dam persis sama dengan yang ia katakan saat mengusir masyarakat Gaya dari Seorabeol. Seol Won ingin meneruskan, tapi Mi Shil menyela dan bertanya apa Bi Dam tahu apa itu kehendak langit. Bi Dam berkata ia sudah berkomunikasi dengan langit. Mi shil bertanya apa Bi Dam tahu bahwa ia akan mati. Bi dam terdiam.

Mi Shil bertanya mengapa Bi Dam tidak menjawabnya. Jika jawabannya hari ini maka Mi shil akan membunuhnya besok. Jika besok, maka hari ini Bi Dam akan dieksekusi. Bi Dam menjawab tidak seorang pun tahu apa yang akan terjadi, bagaimana ia tahu tentang kematiannya. Seol won membentak Bi Dam dan minta segera menjawab. Bi Dam berkata kapanpun ia mati, ia yakin hidupnya akan lebih pendek 3 hari daripada Raja Jinpyeong. Mi shil kena skak kali ini dengan ketajaman lidah Bi Dam.

Bi Dam = Formula baru Mi shil ha..ha..

Mi shil diam. Mi saeng tahu kakaknya kalah dengan Bi Dam. Seol Mae berkata ini seperti ancaman, jika mengatakan Bi Dam akan mati berarti Raja Jinpyeong aka mati 3 hari kemudian. Mi Shil kembali setelah wajahnya kena "lemparan batu bata" oleh Bi Dam. Ha Jong minta agar Bi Dam langsung dibunuh saja. Seol won berkata tidak semudah itu. Karena Raja dan semua orang ada dan mendengar pernyataan bi Dam.

Mi shil mengaku ia dikalahkan Bi Dam. Mi shil memuji Bi Dam pintar dan aneh. Mi shil berkata jika Bi Dam berkata ia akan mati 3 hari sebelum Mi Shil mati maka ia akan membunuhnya saat itu juga, tapi Bi Dam berani menggunakan Raja Jinpyeong. Mi shil berkata Bi Dam benar2 pintar, sangat pintar. (Tirza: siapa dulu dong maminya...). Se Jong dan Mi saeng tidak suka melihat ada seseorang yang menarik perhatian Mi shil.

Deok Man berkata pada Al Cheon dan Yu Shin tidak akan ada gerhana matahari. Al Cheon berkata bukankah Wyol Cheon menghitungnya untuk Deok Man. Deok Man berkata itu semua bohong dan minta maaf karena ia bohong. Kim Yu shin ingin tahu apa yang akan dilakukannya. Deok Man berkata perhatiannya adalah membuat bingung Mi shil dengan mengatakan mereka menggertak. Mi shil akan mencari tahu dan bertanya-tanya. Sehingga ia akan bingung.

Deok Man berkata, saat ini fokusnya ada pada orang sekeliling Mi shil. Mereka akan takut dan ragu. Ada yang berkata akan terjadi gerhana, tapi sebagian berkata tidak, mereka akan berdebat, dan dia akan mempercayai Bi Dam.

Bi Dam ada di penjara dan ingat perkataan Deok Man. Deok Man berkata mereka hanya menggertak. Mi shil tahu Deok Man mendapatkan Wyol Cheon dan dia sudah membunuh Seo Ri. Maka Bi Dam harus membuat Mi Shil percaya bahwa akan ada gerhana matahari.

Kim Yu shin bertanya apa yang akan ia lakukan kemudian, Deok Man berkata jika Bi Dam sukses memancing MiShil maka Mi Shil akan mengumumkan terjadinya gerhana matahari. Tapi tentu saja tidak akan terjadi gerhana, maka orang2 akan kehilangan kepercayaan pada Mi Shil. Apa Mi shil akan menangkap umpannya tanya Yu Shin. Deok Man merasa, Mi shil harus karena susah untuk Mi shil berpikir sebaliknya bagaimanapun Mi Shil manusia biasa. Deok Man berharap Mi shil akan bertindak sesuai yang ia pikirkan.

Bi Dam dibawa menghadap Mi shil dan Mi saeng. Bo Jong memberikan barang2 Bi Dam. Mi shil memeriksanya, ia menemukan kaca pembesar. Mi Shil berkata Bi Dam benar2 penipu. Mi shil bertanya mengenai batu yang muncul dari sumur Najeong, tapi Bi Dam berkata mereka pasti tahu karena mereka ahli dalam hal itu. Bi Dam ingin berbicara secara pribadi dengan Mi Shil.

Mi Shil bertanya apa batu yang muncul di sumur Najeong itu palsu. Bi Dam tidak menyangkalnya. Mi Saeng tertawa mengapa Bi Dam berkata itu adalah kehendak langit. Mi saeng bertanya bagaimana Bi Dam melakukan tipuan itu. Bi Dam tertawa dia tahu itu tipuan tapi Mi shil tidak akan dapat mengatakan bahwa itu tipuan. Karena jika demikian maka patung Buddha yang munculwaktu itu juga tipuan. Mi saeng shock. Bi Dam berkata seseorang perlu menggunakan kehendak langit biarpun hanya sedikit.

Mi shil ingat ia mengatakan hal yang sama di depan Deok Man dan Kim Yu shin. Bi Dam bertanya apa ia benar. Mi Shil bertanya siapa Bi Dam sebenarnya. Bi dam ingat Deok Man berpesan agar hati2 dengan Mi shil karena ia dapat membaca mimik wajah dan minta agar Bi Dam tidak meremehkan Mi shil. Bi Dam kemudian melepaskan topengnya dan menarik luka buatannya untuk memperlihatkan mukanya pada Mi shil. Mi saeng ketakutan melihat Bi Dam menarik "luka" nya. Bi Dam berkata tidak adil jika mereka tidak melihat wajahnya.

Bi Dam berkata jika ia menyembunyikan wajahnya di bawah make up, maka Mi shil tidak akan dapat melihat hatinya. Mi shil terlihat menyukai Bi dam. Bi Dam mengeluarkan surat dari Deok Man dan bertanya apakah mereka akan memainkan permainan ini. Mi saeng merasa tidak enak.

Rakyat berdoa di depan batu di sumur Najeong. Mereka bertanya apa gunanya menyelubungi batu dengan kain jika mereka sudah tahu tulisannya. Mereka berdiskusi tentang bintang Gaeyang yang pulang ke surga yang mewakili Putri Cheon Myeong. Lalu apa artinya bintang Gaeyang yang akan mendirikan pemerintahan baru. Mereka bertanya-tanya apa Putri Cheon Myeong akan bangkit dari kematian.

Lalu Go Do masuk dan berkata mereka harus memperhatikan ramalan yang sebelumnya mengenai Putri kembar. Joo Bang datang dan berkata kontradiksi. Joo Bang berkata itu semua omong kosong, ia berkata Mi shil akan datang dengan sebuah jawaban. Joo Bang dan Go Do bersandiwara dan membuat rakyat mulai berpikir. Deok Man, Al Cheon, dan Kim Yu shin melihat dari kejauhan.

Orang2 berkata bagaimana Mi Shil dapat menjadi setengah dewa. Kim Yong Chu berkata sejak kemunculan batu di sumur memicu sentimen di kalangan masyarakat. Seol Won berkata ia sudah memerintahkan agar batu itu di jaga tapi sudah terlanjur menyebar dimasyarakat. Raja memberi isyarat pada Kim seo Hyeon untuk bertanya pada Se Jong dan Seol won apa jawaban Mi Shil dengan kejadian ini. Kim Yong Chu berkata Mi Shil harus menjawab semua ini. Se Jong setuju dan Mi Shil harus menjawabnya. sekarang bola ada di tangan Mi shil.

Mi shil membaca surat yang diberikan Bi Dam padanya. Bi dam bertanya apa Mi shil punya waktu untuk bermain-main dengannya. Mi shil kaget saat Bi Dam berkata orang2 di luar sana sudah gelisah apakah akan ada gerhana matahari atau tidak. Bi Dam minta Mi shil segera memberi jawaban. Mi shil bertanya apa surat ini ditulis Wyol Cheon. Bi Dam tidak tahu, ia hanya kurir dari Kim Yu shin dan Putri Deok Man. Surat itu berbunyi bahwa gerhana matahari akan terjadi pada tanggal 15 sekitar jam 11 s/d 13 siang. Mi Shil bertanya apa ia harus mempercayainya. Bi Dam tertawa karena mereka tidak berharap Mi Shil percaya surat itu.

Bi Dam menantang Mi Shil, apa ia akan percaya atau tidak. Bi Dam bertanya apa itu benar atau palsu. Mi shil tertegun dan Mi saeng mengambil surat itu dan membacanya. Bi Dam berkata Mi Shil harus memberikan jawabannya.

Mi Saeng jalan hilir mudik gelisah, ia yakin Deok Man memdapatkan Wyol Cheon. Surat itu tulisan tangan Wyol Cheon. Seol Mae berkata Wyol Cheon mengaku sulit menghitung gerhana matahari. Tidak mungkin tanpa Jeong Gwang Ryeol. Seol Mae berkata ini mungkin palsu. Lalu Mi saeng bertanya lalu mereka harus bagaimana, jika mi shil berkata tidak ada gerhana, ternyata ada dan bagaimana jika sebaliknya.

Mi shil juga bertanya-tanya ini gertakan atau benar. Mi shil berkata jika seseorang berjudi, jika mereka akan menggertak, mereka selalu mengadakan pertunjukkan yang bagus untuk mengelabui pemain lainnya. Seol won dan Se Jong datang karena ada kerumunan di jalan. Mereka mencari Mi shil untuk mengetahui tentang gerhana matahari. Raja juga bertanya pada Mi Shil kata Ha Jong, ini membuat Mi Shil heran. Seol Won membenarkan.

Seol won Rang berbicara pribadi dengan Mi Shil, dan berkata Bi Dam memang suruhan Deok Man. Bi Dam adalah pendekar yang bertarung dengan mereka di distrik Iseo. Mi Shil berkata tongkat komando sudah berpindah dari Cheon Myeong ke Deok Man. Mi shil berkata ia tidak mampu membaca pikiran Bi Dam. Bi Dam selalu melihat langsung ke mata Mi Shil dan anehnya dia tidak dapat melihat langsung ke mata Bi Dam.

Seol Won Rang bertanya mengenai bunga persik Sadaham, ia ingin membantu Mi shil. Mi shil mulai menjelaskan pada Seol Won.

Ratu kaget saat mendengar dari yu shin tidak akan terjadi gerhana matahari. Putri Man Myeong berpikir apa yang harus mereka lakukan. Yu shin berkata ini umpan untuk Mi shil. Agar ia percaya akan ada gerhana matahari. Jika mi shil salah, maka reputasinya akan menurun. Ratu bertanya bagaimana Deok Man akan mengambil statusnya sebagai Puteri. Jika mereka mengakui gerhana matahari, maka ramalannya akan valid sehingga mereka memiliki kekuatan jadi tidak akan ada protes terhadap Deok Man. Putri Man Myeong mengerti tapi akan susah untuk mengakui Deok Man sebagai Puteri Raja. (Tirza: Coba apa jadinya istana tanpa ibu2 ini..i love u moms)

Yu Shin berkata prioritas utamanya adalah menghancurkan reputasi Mi Shil. Ratu Maya marah. Seol won Rang berkata ini adalah permainan yang berbahaya dan sangat beresiko. Seol Won berkata bagaimana jika salah, tidak akan mempengaruhi kubu Deok Man tapi semua yang telah dibangun Mishil akan hancur. Mi shil mengerti resikonya. Seol Won Rang berkata selama pergerakan militer semua situasi adalah resiko. Seol Won menasihati Mi shil dia akan memikirkan strateginya, jadi Mi shil tinggal melakukan bagiannya. Mi Shil tersenyum. (Tirza: I actually love the chemistry between these two ha..ha)

Kim Yu Shin meninggalkan kediaman Ratu, ia ingat Deok Man memberikan dokumen padanya untuk diserahkan pada Mi shil. Deok Man berkata ini adalah diagram dari Jeong Gwang Ryeol. Tujuannya untuk meyakinkan Mi shil bahwa gerhana matahari akan terjadi. Sekarang Mi shil tidak tahu jika ia memiliki Jeong Gwang Ryeol. Mi shil akan berubah pikiran saat ia tahu. Yu shin berkata mereka seperti memohon agar Mi shil percaya pada mereka. Orang biasa mungkin akan percaya, tapi ini Mi shil ahli strategi. (Tirza; kayanya DM ngga nipu Mi shil deh..dia sepertinya pengen Mi shil berkata tidak ada gerhana..well let's see)

Bo jong lapor, Kim Yu Shin ingin bertemu Mi shil. Mi saeng heran dengan kedatangan Yu Shin. Mi Saeng mengijinkan masuk, tapi Mi shil minta Yu shin pergi. Ia tidak dapat berpikir jika melihat Kim Yu shin. Bo jong minta Yu Shin pergi. Kim Yu shin meminta agar Bo Jong menyerahkan surat Deok Man untuk Mi shil. Bo Jong memberikan surat itu pada ibunya. Mi shil ragu dan minta Bo Jong membakarnya, tapi rasa ingin tahu membuat dia mengambil surat itu dan membacanya.

Mi shil melihat diagram dan bagan perhitungan kemudian ia menanyakan hal ini pada Seol Mae. Kim Yu shin menunggu. Seol Mae membenarkan bahwa ini diagram dari Jeong Gwang ryeol. Mi Saeng bertanya bagaimana mereka memperoleh Jeong Gwang Ryeol, Mi saeng mulai yakin Deok Man menghitung gerhana atas bantuan Wyol Cheon. Terjadi silang pendapat dalam kubu Mi shil.

Mi shil berkata cukup dengan perdebatan ini lalu bertanya mengapa seol Won diam saja. Seol won percaya semua jawaban ada di tangan Mi shil, ia tahu kemampuan Mi Shil melihat seseorang sampai ke dalam hatinya.

Mi shil senang karena Seol Won memberinya arahan untuk mengatasi masalah ini dan meningkatkan percaya dirinya. Mi shil memanggil Kim Yu shin. Kim Yu shin ingat nasihat Deok Man agar menjadi dirinya sendiri dan tidak menghindari kontak mata dengan Mi shil. Mi shil bertanya apa yang akan dilakukan Yu shin. Mi shil berkata karena Yu shin gagal menikah dengan Cheon Myeong sekarang ia akan menerima Deok Man sebagai Putri Raja dan membuat Raja menjadi ayah mertuanya dan kemudian di masa depat, Kim Yu shin akan menjadi Putra Mahkota, apakah itu yang ia inginkan. Kim Yu shin berkata beraninya Mi Shil berspekulasi dengan ngawur.

Kim Yu shin sudah memberikan semua yang dimilikinya untuk Puteri Deok Man. Mi shil tertawa mendengar Yu shin menyebut Deok Man, Putri. Mi shil bertanya kapan itu akan terjadi. Kim Yu shin benar2 ceroboh dalam keputusannya. Kim Yu shin punya tanggungjawab untuk memimpin rakyat Gaya dan menghormati keluarganya. Kim Yu shin berkata ia tidak cukup pintar untuk mengerti apa yang akan Mi Shil lakukan. Mi shil bertanya apa Wyol Cheon melakukan perhitungan untuk gerhana matahari. Yu shin membenarkan. Apa Yu shin melihatnya sendiri atau ia mendengarnya. Yu shin berkata Putri Deok Man yang mengatakan padanya. Lalu Mi shil bertanya apa Wyol Cheon melakukan Dan Cheong nunnery (pengamatan bintang).

Kim Yu shin merasa tidak pasti. Kim Yu shin tidak dapat menjawabnya. Mi shil akhirnya tahu bahwa ini hanya gertakan dan yakin ia sudah menangkap maksud mereka. Mi shil menanyakan sesuatu dan Kim Yu shin tidak dapat menjawabnya karena mi Shil tahu Yu shin benar2 orang jujur dan tidak mampu berbohong sedikitpun.

Mi shil tahu ini tipuan dan tidak akan ada gerhana matahari. Ini semua tipuan Deok Man. Kim Yu shin tidak mengerti dan Mi shil meminta Yu shin pergi karena ia sudah mendapat yang ia inginkan dengan membaca ekspresi wajah Yu Shin. Sebelum Yu Shin pergi, Mi shil ingin ia mengakui akan ada gerhana dan rancangannya gagal.

Mi shil berkata Deok Man masih harus belajar banyak dalam soal tipu menipu. Kemampuan Deok Man masih dasar. Bagaimana Deok Man dapat percaya pada Yu Shin yang sangat polos. Seol Mae bertanya apa Yu Shin berbohong, tapi Mi shil berkata Yu shin tidak takut padanya, Mi shil berkata jika Deok Man inginmenipunya, hal pertama yang dilakukan adalah menipu Kim Yu Shin, sepertinya Deok Man tidak melakukan itu.

Mi Saeng tahu ia dapat mengandalkan Mi Shil dalam menilai orang, tapi Mi Saeng takut. Seol Mae juga meragukan apa Wyol Cheon dapat menghitung dengan cepat meskipun ia memiliki Jeong Gwang Ryeol. Mi saeng masih berpendapat bahwa surat yang ditulis wyol Cheon itu akurat. Kemudian Mi Shil ingat bahwa Wyol Cheon berkata ada selisih hari, maka tidak mungkin Wyol Cheon menulis tanggal dan jam yang tepat. Mi shil percaya surat itu palsu. Lagipula Keluarga Raja selalu ketakutan jika Mi shil mengadakan ritual, tapi kali ini Raja memintanya memberikan jawaban.

Mi Saeng merasa Deok Man hanya menggertak. Mi shil ingin mengkonfirmasi satu hal lagi. Bi Dam di penjara dan merasa bosan saat seseorang berkata bahwa Mi shil mengatakan tidak akan ada gerhana matahari. Ini saatnya Bi Dam harus menerima akibatnya. Seok bum memerintahkan penjaga memberi makanan terakhir untuk Bi Dam karena ia akan dieksekusi. Bi Dam berpikir cepat bagaimana melarikan diri. Bi dam tahu Deok Man tidak menjamin keselamatannya.

Bi Dam dibawa keluar, Bi dam mencoba lari. Seok bum dan Bo Jong bukan tandingan Bi Dam tapi saat mereka menggunakan formasi, Bi Dam terperangkap dan tertangkap. Mi shil keluar. Bi Dam tertawa dan mengakui ia telah dikalahkan. Mi Shil berkata tidak akan ada gerhana matahari. Bi Dam heran bagaimana Mi shil tahu tipuan ini. Biarpun ada gerhana, Bi Dam tetap akan mati kata Mi shil. Mi shil berkata besok Bi Dam akan dibakar dihadapan semua orang.

Raja mendapat laporan bahwa tidak akan ada gerhana matahari. Ratu berkata bukankah ada yang berkata akan ada gerhana. Mi shil bertanya bagaimana Ratu dapat ditipu oleh aktor yang menyamar itu.

Mi shil pergi dengan penuh percaya diri karena ia telah menang melawan Keluarga Raja. Mi shil membuat pengumuman tidak akan ada gerhana matahari. Orang2 berkata Mi shil sudah mengatakan tidak ada gerhana jadi pasti akurat. Raja, Ratu dan Putri Man Myeong melihat ke langit dan bertanya-tanya apa akan ada gerhana matahari atau tidak. Sementara itu Deok Man menggambar rencananya. Kim Yu shin dan Al Cheon datang dan Al Cheon berkata matahari sudah terbenam dan tidak ada tanda akan ada gerhana matahari. Kim yu shin menyalahkan dirinya sendiri karena merusakkan gertakan mereka. Deok Man tetap tenang dan dia melukis apa yang direncanakannya. Lalu ia berdiri dan meminta maaf pada mereka dan terlebih pada Bi Dam. (Tirza: ha..benar khan..?!)

Bi dam ada dalam sel dan menunggu kematiannya. Paginya, tiang dan panggung untuk membakar Bi dam sudah disiapkan. Mi shil penuh rasa kemenangan. Bi Dam dibawa dan diikat pada tiang. Seol won membacakan kejahatan Bi Dam. Seol Won bertanya apa ada kata terakhir. Bi dam berjuang untuk melepaskan diri dari tali. Seol Won menunggu sinyal untuk menyalakan api. Saat drum dibunyikan, Seok Bum akan menyalakan api ketika dia kaget dan melihat ke langit. Dia melihat fenomena alam di langit, langit menjadi gelap tepat tengah hari dan bayangan gelap dengan perlahan menutupi matahari. Semua terkejut dengan fenomena yang terjadi. Gerhana matahari!

Raja sadar semua melihat ke atas dan melihat gerhana matahari. Mi shil dan Mi saeng benar2 shock berat. Ratu Maya sangat senang. Rakyat sangat bingung. Bi Dam mengambil kesempatan untuk melepaskan diri dan ia juga melihat gerhana matahari.

Deok Man minta maaf, dia berkata Kim Yu shin sudah melakukan sesuai dengan harapannya. Dia minta maaf karena gerhana matahari benar akan terjadi seperti yang tertulis. Al Cheon dan Yu Shin bingung.

Deok Man tahu Wyol Cheon sudah menulis tentang Dae Myong dan berkesimpulan ada selisih 24 jam, tapi tidak kurang dari 48 jam, akan ada gerhana matahari. wyol Cheon menjelaskan menggunakan Dae Myong Ryeol edisi terakhir, dan dengan tambahan rumus dari jeong Gwang Ryeol maka ia yakin selisihnya antara 24 sampai 48 jam. Inilah yang paling akurat yang dapat ia berikan. Deok Man berkata gerhana matahari akan terjadi setelah tgl 15. Wyol Cheon berkata itu akan terjadi pada tgl 15 atau besoknya. Deok Man bertanya apa ini pasti. wyol Cheon yang telah memanggil Putri pada Deok Man, membenarkan.

Ketika matahari dimakan hampir separuh Mi shil terkejut. Deok Man berkata demi menipu Mi shil, hal pertama yang harus ia lakukan adalah memberikan informasi yang salah pada Bi Dam dan Kim Yu shin. Dengan tujuan membuat Mi shil percaya mereka telah menggertaknya. Dia minta maaf karena tipuannya dan Al Cheon terkagum-kagum dengan strategi Deok Man.

Saat langit menjadi gelap, Bi Dam sadar ia telah dibohongi oleh Deok Man demi untuk mengecoh Mi Shil. Deok Man berkata dia percaya Bi Dam dengan sepenuh hati untuk menipu Mi shil. Deok Man sebenarnya percaya Mi shil dan bukan Bi Dam. Bahwa ego Mi shil dan kepandaiannya akan menjadi lawannya sendiri. Mi shil memakan umpan Deok Man karena Mi shil akan dapat membaca ekspresi Bi Dam. Bi Dam tertawa dan kagum dengan rencana Deok Man.


Kim Yu shin bertanya mengapa ia perlu bertemu Mi shil. Deok Man berkata karena Kim Yu shin terlalu jujur dan Yu Shin tidak dapat menyembunyikan air mukanya kalau bohong. Membuat Deok Man bisa membaca wajah Kim Yu shin. Yu shin tanya bagaimana Deok Man dapat membujuk Wyol cheon.

Deok Man ingat Wyol Cheon sangat senang saat Deok Man mengemukakan rencananya membangun yang sekarang disebut Cheomseongdae (observatorium kuno) dan dia janji ia akan membangun observatorium ini untuk memenuhi hasrat Wyol Cheon mempelajari astronomi. Deok man janji akan menggunakan astronomy untuk kebaikan. wyol Cheon memuji Deok Man dengan kebijaksanaannya.

Cheomseongdae
(Cheomseongdae, harta nasional Korea Selatan ke-31 adalah observatorium tertua di Asia Timur, dibangun tahun 647 selama pemerintahan Ratu Seon Deok dari Silla dan digunakan sebagai observatorium astronomi. Berbentuk silinder disusun dari 362 batu dan 27 tingkat.)

Ketika gerhana menjadi gerhana matahari total, rakyat berlutut dan berdoa agar matahari mengembalikan sinarnya. Bi Dam meneriakkan ramalan Eochul Ssangsaeng Seonggol Nam Jin Gae Yang Gwi Cheon; Il Yu Shik Ji; lalu saat kegelapan berlalu dan matahari kembali bersinar, Bi Dam mengatakan Gae Yang Ja Rip; Gyerim Cheon Myeong, Mi shil kaget dengan kata2 Bi Dam, Ratu Maya sangat senang. Saat Bi Dam berkata Shin cheon Do Rae, Deok Man muncul di depan rakyat dalam gemilang cahaya matahari. Bersamaan dengan matahari yang bersinar terang, mereka melihat Deok Man dari dalamnya.

Deok Man : "Mi shil!"

Bingo...!!



Private Opinion :

Deok Man benar2 pintar, ia tahu pada dasarnya Bi Dam itu susah dipercaya, ia tahu Mi shil juga akan berpikir Bi Dam itu pasti penipu jadi ia justru mengatakan yang sebenarnya pada Mi shil. Bukan karena Deok Man yakin Bi Dam bisa menipu Mi shil, tapi karena Mi shil akan termakan kepintarannya sendiri. Mi Shil pasti tidak akan yakin dengan Bi Dam. Semakin Bi Dam berkata akan ada gerhana, Mi Shil yakin tidak akan ada. Karena surat itu dibawa Bi dam.

Beda saat Kim Yu shin menyampaikan surat Deok Man dengan diagram Jeong Gwang Ryeol. Yu shin pada dasarnya jujur. Mi shil pasti percaya padanya. Maka Deok Man harus membohongi Yu shin. Deok Man bilang tidak ada gerhana. Air muka Yu shin menunjukkan tidak ada gerhana, walaupun ia bilang ada plus diagramnya. Jadi Mi shil yakin tidak ada gerhana. Brilliant..!

Justru Mi Saeng yang sebenarnya tidak bisa dibohongi, karena ia mengenal Wyol Cheon. Mengenal tulisan dan karakter Wyol Cheon. Biasanya sesama ilmuwan punya sense of acknowledgement yang beda.

No comments:

Post a Comment